Kompas.com - 29/12/2020, 11:22 WIB
Samsat Jakarta Barat menggelar razia pengesahan STNK di Jalan Puri Indah, Kembangan pada Rabu (28/11/2018) dan menyediakan mobil Samsat Mobile. Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUMSamsat Jakarta Barat menggelar razia pengesahan STNK di Jalan Puri Indah, Kembangan pada Rabu (28/11/2018) dan menyediakan mobil Samsat Mobile.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik kendaraan yang ada di wilayah administrasi Polda Metro Jaya semakin dimudahkan saat melakukan pembayaran pajak kendaraannya.

Selain bisa melakukan pembayaran pajak secara daring, pemilik kendaraan juga bisa memanfaatkan gerai-gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) yang ada di mal.

Adanya gerai Samsat ini juga untuk mencegah adanya kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya mengatakan, untuk pelayanan PKB akhir tahun juga bisa dilakukan di gerai-gerai Samsat.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Saat Liburan Akhir Tahun Bisa Secara Online

“Lokasinya gerai Samsat masih sama dan tetap dibuka untuk pelayanan pajak kendaraan selama pandemi Covid-19 ini,” kata Martinus kepada Kompas.com, Senin (28/12/2020).

Petugas pajak di kantor samsat Majene buron ke kalimnatan setelah menggelapkan dana pajak kendaraan. Pelaku mengambil surat kendaraan dan dana milik korban namu ia tidak mengurus surat kendaraannya.KOMPAS.Com Petugas pajak di kantor samsat Majene buron ke kalimnatan setelah menggelapkan dana pajak kendaraan. Pelaku mengambil surat kendaraan dan dana milik korban namu ia tidak mengurus surat kendaraannya.

Martinus berharap, dengan adanya pelayanan yang terpisah dari kantor Samsat induk ini bisa mengurai kepadatan antrean wajib pajak yang akan melakukan pembayaran pajak.

Pelayanan pajak kendaraan di gerai Samsat tidak hanya untuk warga DKI saja. Tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh warga di luar Jakarta yang masih masuk administrasi Polda Metro Jaya, seperti Jawa Barat (Jabar) dan juga di Banten.

“Jadi ada beberapa wilayah yang administrasinya di bawah Polda Metro Jaya, ada di Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi),” ujarnya.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor

Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan keberadaan gerai Samsat ini, Martinus mengimbau untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor

“Jam pelayanannya menyesuaikan dengan mal-mal yang ada yakni hanya sampai pukul 14.00 WIB saja,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.