Libur Natal, Konsumsi BBM di Tol Trans Jawa Naik 400 Persen

Kompas.com - 28/12/2020, 16:51 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mencatat adanya kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) di Tol Trans Jawa selama libur panjang tahap pertama Natal dan Tahun Baru 2021 atau 23-27 Desember 2020.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri mengungkapkan, kenaikan tertinggi terjadi pada 23-25 Desember 2020.

Saat itu, konsumsi BBM harian mencapai 636 kiloliter (KL) dengan penyumbang terbesar di dua SPBU rest area tol arah Surabaya, yaitu KM 379 dan KM 494 A.

Baca juga: Hari Pertama Arus Balik, 125.217 Kendaraan Menuju Jakarta

Antrean SPBU di Trans Jawa selama libur natal dan tahun baru 2021 Antrean SPBU di Trans Jawa selama libur natal dan tahun baru 2021

“Konsumsi BBM di SPBU KM 379 A mencapai 192 KL per hari, di mana angkanya meningkat lebih dari 400 persen dibanding pencapaian di awal bulan Desember hanya 40 KL per hari. Hal serupa terjadi di KM 429 A dari semula 50 KL per hari jadi 212 KL per hari," ujarnya, Senin (28/12/2020).

Sementara peningkatan konsumsi BBM di Tol Trans Jawa yang tertinggi ialah produk Pertamax Turbo dan Pertamax, khususnya untuk BBM jenis gasoline.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Konsumsi Pertamax Turbo meningkat hingga 80 persen dari 9 KL per hari di bulan lalu jadi 16 KL per hari. Kalau Pertamax peningkatannya sebesar 51 persen atau dari sebelumnya sebesar 44 KL per hari menjadi 67 per hari,” ujar Marthia.

Menurut dia, Pertamax Turbo dan Pertamax dipilih karena kualitasnya yang mampu berikan performa terbaik bagi mesin kendaraan. Terkhusus, bagi pengendara yang menempuh perjalanan jauh di masa libur panjang.

Baca juga: Ini Deretan Mobil dan Motor Bekas Paling Dicari Tahun 2020

Ilustrasi: SPBU di Jayapura.KOMPAS.COM/DHIAS SUWANDI Ilustrasi: SPBU di Jayapura.

“Masyarakat sudah mulai sadar akan produk BBM yang berkualitas dan sesuai untuk mesin kendaraan dengan teknologi saat ini, yaitu RON 98 untuk Pertamax Turbo dan RON 92 untuk Pertamax,” papar dia.

Peningkatan konsumsi Pertamax Series juga diikuti dengan peningkatan konsumsi BBM berkualitas jenis gasoil, yaitu Pertamina Dex dan Dexlite dengan rata-rata 119 persen serta 71 persen dari bulan lalu.

"Penggunaan BBM yang berkualitas tidak hanya meningkatkan performa mesin kendaraan. Tapi juga bisa memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan, karena kadar gas buang emisi yang dihasilkan lebih sedikit,” tambahnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.