4 Kegiatan Menyenangkan di Perjalanan Saat Liburan Bareng Anak

Kompas.com - 20/12/2020, 10:01 WIB
Ilustrasi mudik. SHUTTERSTOCKIlustrasi mudik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik kendaraan yang memanfaatkan liburan natal dan tahun baru, untuk berlibur keluar kota atau mudik bersama keluarga tersayang.

Namun perlu diwaspadai, bagi Anda yang melakukan perjalanan bersama si kecil terlalu lama di perjalanan saat pergi liburan akan membuat anak bosan.

Setidaknya ada 4 kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan agar perjalanan tidak terasa membosankan bagi anak. Apa saja?

Baca juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas dan Pembatasan Parkir di Rest Area Jalan Tol

1. Makan cemilan atau minuman favorit anak

Seorang Psikolog Anna Surti Ariani, mengatakan, jadikan proses makan cemilan dan minum sebagai satu aktivitas sendiri, bukan digabungkan dengan si kecil bermain, antara lain untuk menyederhanakan variasi kegiatan selama di perjalanan.

“Saat ia makan dan minum, minta anak untuk memperhatikan detil dari makanan itu. Misalnya bentuk, rasa, bahan apa yang terkandung, ia sedang mengunyah di bagian mana mulutnya, makanan sedang melewati tenggorokan dan masuk ke perut, dan lain-lain,” ujar Anna saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/20/2020)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Anna, dengan memperdetil proses makan dan minum ini, bisa jadi aktivitas yang membuat perjalanan panjang tidak terlalu terasa.

Ilustrasi mudikthinkstock/Jupiterimages Ilustrasi mudik

2. Bermain

Menghitung atau menemukan beragam benda menjadi hal yang menyenangkan untuk si anak ketika sedang berada di perjalanan.

“Misal, orang tua mengajak anak untuk menghitung jumlah truk, bus, mobil warna tertentu, tiang listrik, billboard, pohon kelapa, dan lain-lain,” kata Anna.

Baca juga: Seberapa Efektif Bengkel Berjalan Auto2000?

3. Bercerita
Kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan selama perjalanan adalah bermain sambil membuat cerita bersama sang anak.

“Misalnya, ayah membuat 1 kalimat, lalu ibu melanjutkan dengan kalimat lain. Lalu anak melanjutkan lagi dengan kalimat lain lagi dan seterusnya sampai membentuk cerita. Tidak perlu memberikan kritik jika cerita agak aneh atau kurang nyambung, yang penting ada aktivitas selama di perjalanan,” kata Anna.

4. Beristirahat
“Jangan berpikir bahwa anak terus membutuhkan aktivitas. Sesekali ia akan perlu tidur dan beristirahat supaya tetap fit dalam perjalanan,” kata Anna. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.