Kena Macet Saat Liburan, Jangan Ngomel di Depan Anak

Kompas.com - 20/12/2020, 09:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen libur panjang natal dan tahun baru seperti saat ini, kerap dimanfaatkan banyak masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman untuk bepergian ke luar kota.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan bersama anak dan balita patut memperhatikan beberapa hal.

Anak dan balita rentan mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan ketika menempuh perjalanan jarak jauh. Pasalnya, perjalanan yang lama dapat membuat anak cepat lelah dan menimbulkan rasa bosan.

Namun, ada beberapa panduan yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi rasa tidak nyaman anak dan balita sehingga tidak rewel saat menempuh perjalanan jauh:

Baca juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas dan Pembatasan Parkir di Rest Area Jalan Tol

1. Komunikasi dengan anak tentang perjalanan

Penting untuk memberi penjelasan kepada anak mengenai tujuan, waktu tempuh, tansportasi yang digunakan. Hal-hal yang dapat dilakukan dan dihindari, serta aturan yang berlaku selama di perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arahan secara jelas juga akan membantu anak untuk lebih memahami situasi yang akan di hadapi dan bagaimana harus bersikap.

Selain itu penting untuk sesuaikan waku perjalanan dengan siklus tidur dan bangun si kecil. Sebagai contoh, perjalanan darat lebih baik dilakukan pada pagi hari atau larut malam.

Ilustrasi mudik bersama keluarga.SHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik bersama keluarga.

2. Rencanakan perjalanan sedetil mungkin

Sebaiknya buat rencana liburan yang pasti sejak awal. Usahakan agar rutinitas selama perjalan tidak terlalu berbeda dengan di rumah. Misalnya, menentukan bahwa jam 12 siang harus singgah untuk makan di restoran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.