Mobil Ditinggal Selama Libur Nataru, Jangan Sampai Jadi Sarang Tikus

Kompas.com - 16/12/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi garasi mobil. Ghulam/KompasOtomotifIlustrasi garasi mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung selama beberapa hari. Tak sedikit yang memilih untuk meninggalkan mobilnya di rumah dan berlibur menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat atau kereta.

Saat mobil ditinggal dalam waktu lama, mungkin saja hewan pengerat seperti tikus bersarang di ruang mesin. Apalagi, jika mobil ditinggal dalam keadaan yang kurang diperhatikan.

Baca juga: Buat Bikers yang Mau Touring Liburan Nataru, Ingat 6 Jurus Aman

Untuk mencegah tikus bersarang di ruang mesin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni tempat parkir dan penggunaan zat lain.

Ilustrasi tikus mutan. Ilmuwan melakukan rekayasa genetika pada tikus yang kemudian dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari massa otot dan tulang.SHUTTERSHOCK/Carlos Aranguiz Ilustrasi tikus mutan. Ilmuwan melakukan rekayasa genetika pada tikus yang kemudian dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk mempelajari massa otot dan tulang.

Pastikan meninggalkan mobil di tempat yang aman. Aman yang dimaksud adalah dari jangkauan hewan-hewan yang bisa masuk ke dalam mobil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic, mengatakan, tempat yang aman salah satunya adalah di garasi yang tertutup dan jauh dari area kebun.

“Biasanya yang dekat dengan area kebun lebih rawan didatangi oleh tikus yang bisa merusak kabel dan juga selang-selang,” ujar Hermas, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Cara lain yang bisa dilakukan dan cukup efektif untuk mengusir tikus dari area ruang mesin adalah dengan menggunakan kamper atau kapur barus.

Baca juga: Arus Lalu Lintas Libur Nataru Meningkat hingga 18 Persen

“Untuk mencegah tikus datang bisa juga dengan menggunakan kapur barus untuk mencegahnya. Kapur barus bisa diletakkan di tempat-tempat yang pernah didatangi tapi jauhkan dari manipol,” kata Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, dalam kesempatan yang berbeda.

Cukup diletakkan di sudut-sudut di ruang mesin. Bau dari kapur barus dipercaya mampu membuat tikus tidak nyaman saat berada di tempat tersebut.

Selain kapur barus, cara lainnya adalah dengan menggunakan wewangian. Bau yang ditimbulkan dari wewangian tersebut dapat mencegah tikus bersarang di ruang mesin.

Tikus tidak suka dengan bau wewangian, jadi bisa menempatkan wewangian di bagian ruang mesin atau tempat lain di mana tikus pernah datang,” ujar Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.