Suasana Baru Toyota Yaris, Fitur Hiburan dan Keamanan Makin Baik

Kompas.com - 16/12/2020, 07:22 WIB
Test Drive Toyota Yaris Kompas.com/DioTest Drive Toyota Yaris

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan New Yaris pada September 2020. Meski bukan Yaris generasi keempat seperti yang hadir di Jepang atau Eropa, Yaris dengan kode bodi XP150 ini menawarkan suasana baru.

Secara tampilan, ubahan Yaris facelift memang terbilang minor. Perbedaan paling signifikan hanya terlihat di bagian depan, sementara sisanya masih sama seperti model sebelumnya.

Desain bumper depan kini terlihat lebih sporty dibandingkan versi lama. Sementara lampu utama dan foglamp kini sudah menggunakan teknologi LED.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Calon SUV Baru Nissan yang Hadir Pekan Depan

 

Test Drive Toyota YarisKompas.com/Dio Test Drive Toyota Yaris

Dari samping, perbedaan terletak di bagian spion yang kini sewarna bodi. Adapun sebelumnya menggunakan warna hitam dengan aksen merah.

Sedangkan di bagian belakang nyaris tak tampak ubahan. Semua masih sama persis dengan model sebelumnya, baik dari bumper, lampu maupun spoiler.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara di bagian interior, ubahan juga tidak terlalu banyak. Beberapa ornamen masih menggunakan aksen warna silver yang membuat nuansa kabin terasa modern.

Baca juga: Begini Tindakan yang Tepat Saat Pecah Ban di Jalan Tol

 

Test Drive Toyota YarisKompas.com/Dio Test Drive Toyota Yaris

Pembaruan justru terletak di bagian hiburan, di mana Yaris facelift mendapat head unit baru yang serupa dengan milik Toyota Corolla Cross.

Namun bedanya, head unit milik Yaris minus fitur NFC yang bisa membaca saldo uang elektronik. Sementara untuk fitur lainnya masih ada, seperti miracast, hingga sambungan bluetooth dan USB.

Kualitas audionya juga terbilang cukup baik untuk ukuran mobil di rentang harga Rp 200 jutaan hingga Rp 300 jutaan.

Baca juga: Cara Mengatasi Mika Lampu Motor yang Mulai Kusam dan Menguning

Test Drive Toyota YarisKompas.com/Dio Test Drive Toyota Yaris

Selain karena head unit baru, mungkin salah satunya berkat peredaman kabin yang baik, sehingga suara yang dikeluarkan speaker terdengar mantap.

Bicara fitur keamanan, New Yaris dibekali airbag yang bisa menyesuaikan kebutuhan. Hatchback ini tersedia dalam pilihan 7 airbag atau 3 airbag.

Di samping itu, mobil ini juga memiliki Hill Start Assist (HSA) yang berguna saat menanjak dengan menahan mobil selama 2 sampai 3 detik, ketika semua pedal mobil tidak diinjak.

Untuk mendukung saat berkendara di berbagai kondisi jalan, New Yaris juga dilengkapi rem ABS, EBD, dan BA, serta vehicle stability control.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.