Yamaha Diminta Mulai Mendengarkan Quartararo, Bukan Rossi

Kompas.com - 16/12/2020, 07:42 WIB
Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, saat merayakan podium pertama pada seri MotoGP 2020 Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB. AFP/JAVIER SORIANOPebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, saat merayakan podium pertama pada seri MotoGP 2020 Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020) malam WIB.

JEREZ, KOMPAS.com - Valentino Rossi sempat mengatakan bakal tetap punya peran untuk mengembangkan YZR-M1 2021, meski sudah tidak berstatus sebagai pebalap tim pabrikan.

Pernyataan Rossi kemudian direspons oleh Fabio Quartararo. Pebalap Perancis itu mengatakan makin sedikit campur tangan orang lain maka pengembangan motor semakin baik.

“Saya percaya semakin sedikit orang yang mengerjakan motor semakin baik. Menurut saya, jika ada banyak pebalap yang melakukannya maka hanya akan menimbulkan kebingungan,” kata Quartararo mengutip Tuttomotoriweb, Selasa (16/12/2020).

Baca juga: Rossi Ungkap Alasan Yamaha Terus Bermasalah

Tugas pengembangan motor memang melibatkan banyak pihak. Pebalap akan memberikan masukan sesuai keinginannya. Kemudian test rider yang menilai perkembangan tersebut.

Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Quartararo khawatir jika terlalu banyak orang yang ikut andil maka arah pengembangan motor malah jadi tidak fokus.

“Saya akan memberikan pendapat saya kepada Yamaha dan saya berharap mereka mendengarkannya. Saya akan melakukan segalanya untuk membawa motor ini ke puncak," katanya.

"Ada pekerjaan bagus yang harus dilakukan di musim dingin. Ini penting karena kami tidak bisa memodifikasi mesin, jadi kami harus bekerja di semua area,” kata Quartararo.

El Diablo menilai performa M1 musim 2020 tidak lebih baik dari 2019. Hal itu dapat dilihat dari data dan statistik kemenangan di tiap sirkuit.

Baca juga: Bos Ducati Bela Dovi Soal Penampilannya di Musim 2020

Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Tahun lalu (2019) motor bekerja dengan baik di 19 sirkuit, sedangkan tahun ini dari 14 balapan dan dengan tujuh sirkuit berbeda, hanya baik di 3 atau 4 sirkuit," katanya.

"Saya memiliki sesuatu di pikiran saya untuk tahun depan, dan saya berharap Yamaha mau mendengarkan saya, tapi saya juga khawatir karena ada beberapa balapan yang tidak saya sukai," katanya.

Sekali lagi, Quartararo meminta Yamaha untuk mendengarkan dirinya. Apalagi musim depan dia akan berstatus sebagai pebalap tim pabrikan, alias pebalap utama.

"Saya tidak memiliki banyak pengalaman di MotoGP, tapi saya rasa saya tahu harus berkata apa kepada Yamaha. Di masa lalu kami membuat beberapa motor yang fantastis. Saya pikir kami harus mempercayai tim. Saya tidak sabar untuk memberitahu mereka ide saya,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X