Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Diminta Mulai Mendengarkan Quartararo, Bukan Rossi

Kompas.com - 16/12/2020, 07:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Valentino Rossi sempat mengatakan bakal tetap punya peran untuk mengembangkan YZR-M1 2021, meski sudah tidak berstatus sebagai pebalap tim pabrikan.

Pernyataan Rossi kemudian direspons oleh Fabio Quartararo. Pebalap Perancis itu mengatakan makin sedikit campur tangan orang lain maka pengembangan motor semakin baik.

“Saya percaya semakin sedikit orang yang mengerjakan motor semakin baik. Menurut saya, jika ada banyak pebalap yang melakukannya maka hanya akan menimbulkan kebingungan,” kata Quartararo mengutip Tuttomotoriweb, Selasa (16/12/2020).

Baca juga: Rossi Ungkap Alasan Yamaha Terus Bermasalah

Tugas pengembangan motor memang melibatkan banyak pihak. Pebalap akan memberikan masukan sesuai keinginannya. Kemudian test rider yang menilai perkembangan tersebut.

Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Quartararo khawatir jika terlalu banyak orang yang ikut andil maka arah pengembangan motor malah jadi tidak fokus.

“Saya akan memberikan pendapat saya kepada Yamaha dan saya berharap mereka mendengarkannya. Saya akan melakukan segalanya untuk membawa motor ini ke puncak," katanya.

"Ada pekerjaan bagus yang harus dilakukan di musim dingin. Ini penting karena kami tidak bisa memodifikasi mesin, jadi kami harus bekerja di semua area,” kata Quartararo.

El Diablo menilai performa M1 musim 2020 tidak lebih baik dari 2019. Hal itu dapat dilihat dari data dan statistik kemenangan di tiap sirkuit.

Baca juga: Bos Ducati Bela Dovi Soal Penampilannya di Musim 2020

Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Fabio Quartararo saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Tahun lalu (2019) motor bekerja dengan baik di 19 sirkuit, sedangkan tahun ini dari 14 balapan dan dengan tujuh sirkuit berbeda, hanya baik di 3 atau 4 sirkuit," katanya.

"Saya memiliki sesuatu di pikiran saya untuk tahun depan, dan saya berharap Yamaha mau mendengarkan saya, tapi saya juga khawatir karena ada beberapa balapan yang tidak saya sukai," katanya.

Sekali lagi, Quartararo meminta Yamaha untuk mendengarkan dirinya. Apalagi musim depan dia akan berstatus sebagai pebalap tim pabrikan, alias pebalap utama.

"Saya tidak memiliki banyak pengalaman di MotoGP, tapi saya rasa saya tahu harus berkata apa kepada Yamaha. Di masa lalu kami membuat beberapa motor yang fantastis. Saya pikir kami harus mempercayai tim. Saya tidak sabar untuk memberitahu mereka ide saya,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com