Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Kejahatan, Begini Tips Mengemudi Aman Bagi Para Wanita

Kompas.com - 17/10/2020, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi hal yang lumrah bagi wanita mengemudi mobil di zaman modern ini, terutama di Ibu Kota. Tuntutan ragam kegiatan kerap kali membuat wanita terpaksa berkendara sendiri, tidak peduli siang atau malam hari.

Tidak sedikit kaum hawa yang lebih memilih untuk mengemudi mobil pribadi karena dinilai lebih nyaman dan lebih mendapatkan privasi.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan, sebab wanita sering menjadi korban kejahatan terutama saat berkendara pada malam hari.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Aragon, Vinales Asapi Quartararo

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengaku, dirinya selalu memberikan edukasi kepada para pengemudi untuk menerapkan beberapa hal sebelum berkendara agar bisa terhindar dari tindak kejahatan.

“Salah satunya adalah dengan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum mengemudi. Dengan demikian mereka dapat mengetahui secara jelas kondisi kendaraannya dan terhindar dari kondisi yang tidak diharapkan seperti mogok, atau jebakan pecah ban yang sering dilakukan komplotan penjahat,” ujar Roslianna saat dihubungi Kompas.com, Jumat (16/10/2020).

Ilustrasi berkendara.Stanly/Otomania Ilustrasi berkendara.

Roslianna melanjutkan, pastikan juga pengemudi wanita selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan, sehingga apabila telah mencurigai sesuatu hal, kita dengan mudah dapat keluar dari jebakan komplotan penjahat.

“Biasanya di jalan raya kita dipaksa untuk dekat dengan kendaraan di depan kita oleh kendaraan yang ada dibelakang kita dikarenakan mereka komplotan,” katanya.

Selain itu, pengemudi wanita juga sebaiknya memperhatikan rute yang akan dilalui sebelum berpergian.

Baca juga: Keuntungan Lain dari Ban Motor Tubeless, Tekanan Udara Lebih Awet

“Apabila terpaksa harus berpergian sendirian, sebaiknya hindari daerah-daerah yang rawan. Lebih baik cari rute lain yang ramai orang berlalu lalang, meskipun harus menempuh jarak sedikit lebih jauh,” papar Roslianna.

Namun jika hal buruk sudah terjadi, sebaiknya pengemudi mengambil sikap yang tepat dan jangan panik. Lakukanlah sesuatu yang bisa menarik perhatian orang lain, seperti membunyikan klakson. Dengan begitu para pelaku kriminal pasti akan lari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com