Jangan Nekat, Begini Tindakan Tepat saat Mobil Menghadapi Banjir

Kompas.com - 11/12/2020, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras mulai sering melanda sebagian besar wilayah di Indonesia. Tak jarang kondisi tersebut menyebabkan jalan tergenang banjir di beberapa titik.

Saat banjir melanda, sering kali pemilik mobil yang terjebak dalam kondisi tersebut. Muncullah pergolakan hati, antara putar balik atau menerabas genangan air yang tinggi atau banjir tersebut.

Baca juga: Jangan Nekat, Kenali Batas Aman Motor Terabas Banjir

Riecky Patrayudha, Service Department Head, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan, pada saat kendaraan melaju, sangat dianjurkan agar pengendara menghindari jalanan yang ketinggian genangan airnya tidak dapat diprediksi.

Kondisi jalan raya Keranggan yang terendam banjir, Sabtu (21/11/2020)Walda Marison Kondisi jalan raya Keranggan yang terendam banjir, Sabtu (21/11/2020)

"Hal ini untuk mencegah kerusakan pada mesin karena air pada genangan berpotensi terhisap ke dalam mesin yang bisa menimbulkan kerusakan bahkan mogok seketika," ujar Riecky, dalam keterangan resminya.

Riecky menambahkan, agar berkendara lebih aman, pemilik kendaraan sangat disarankan untuk mempelajari petunjuk penggunaan kendaraan saat melewati genangan air pada Buku Pedoman.

Baca juga: Mobil Terendam Banjir, Waspadai 3 Masalah Ini

Apabila pemilik kendaraan dihadapi kondisi di mana kendaraan sudah terendam banjir, hal yang sangat penting adalah hindari untuk menghidupkan mesin karena hal tersebut justru akan memperparah kerusakan mobil.

Riecky menyarankan untuk segera menghubungi diler atau bengkel resmi terdekat agar segera ditangani oleh teknisi ahli.

"Para teknisi akan mengecek kondisi mobil apakah ada air yang masuk ke ruang mesin dan apa saja kerusakan komponen lain akibat banjir tersebut, sehingga penanganannya bisa lebih cepat dan tepat," kata Riecky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.