Proving Ground Bisa Tarik Investor Karoseri Global ke Indonesia

Kompas.com - 11/12/2020, 11:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun proving ground yang selesai tahun 2024 sangat diapresiasi oleh Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo).

Ketua Umum Askarindo, Sommy Lumadjeng mengatakan, dengan dibuatnya proving ground, karoseri akhirnya memiliki tempat untuk mengetes produk-produk hasil buatannya.

“Kalau APM, mereka punya principal untuk mengetes kendaraan yang telah dibuat. Tapi kalau karoseri, kami juga membuat kendaraan, kami mau ngetes di mana? Kalau buat sendiri sudah pasti tidak mampu,” ucap Sommy dalam diskusi Virtual Improving Vehicle Safety in Indonesia Through Proving Ground yang diadakan, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Jelang Tutup Tahun, Masih Ada SUV Baru di Bawah Rp 200 Juta

karoseri bus mediumKompas.com/Fathan Radityasani karoseri bus medium

Jadi semua kendaraan yang dibuat karoseri baik bus atau truk bisa dibuktikan hasil-hasil perhitungannya di proving ground. Kemudian adanya proving ground juga turut menguji tidak hanya kendaraan, melainkan trailer-trailer buatan karoseri di Indonesia.

“Nanti kalau Indonesia sudah mempunyai proving ground sendiri, semua komponen buatan karoseri bisa diuji. Sedangkan saat ini, semua komponen tanpa diuji, jadi hanya kami pasang, kalau rusak tinggal diganti,” kata Sommy.

Selanjutnya, dengan adanya proving ground, karoseri bisa menarik investor dari luar negeri. Mereka bisa membeli kendaraan dari karoseri Indonesia maupun melakukan join venture dengan perusahaan di Indonesia.

Baca juga: Harga MPV Bekas di Akhir Tahun, Kijang Kapsul Rp 50 Jutaan, Honda Stream Rp 70 Jutaan

“Dengan adanya proving ground, kami bisa memaparkan bahwa kita punya semua fasilitas untuk membuat kendaraan yang bisa dipakai di negara-negara Eropa maupun Asia,” ucapnya.

Jadi dengan adanya proving ground, semakin melengkapi apa yang dimiliki oleh Indonesia untuk memproduksi kendaraan. Pertama memiliki pabrik, lalu man power, dan terakhir fasilitas untuk menguji kendaraannya juga ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.