Mesin Standar, Top Speed Kawasaki Ninja ZX-25R Tembus 202 Km Per Jam

Kompas.com - 08/12/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki Ninja Zx-25R tak henti-hentinya menjadi perbincangan. Belum lama ini, motor sport 250 cc 4-silinder tersebut mampu menembus top speed 202 kilometer per jam, dengan kondisi mesin standar.

Dikutip dari Motosaigon.vn, rekor tersebut diraih oleh Takahiro Yamamoto dari Trick Star Racing Team saat acara Maxzone Mini di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang. Trick Star sendiri merupakan spesialis produsen pendongkrak performa.

Baca juga: Cek Pajak Tahunan Kawasaki Ninja ZX-25R, Tembus Rp 1,3 Jutaan

Maxzone Mini memang mencari motor dengan top speed tertinggi. Menariknya, ajang balap ini khusus untuk motor-motor dengan kapasitas mesin di bawah 250 cc.

Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing TeamMotosaigon.vn Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing Team

Trick Star yang merupakan partner balap Kawasaki, menurunkan Ninja ZX-25R hasil racikannya. Motor tersebut digeber oleh mantan juara ARRC AP250 2015.

Dalam video yang diunggah oleh Trick Star di YouTube, terlihat top speed pada speedometer mencapai 202 kpj. Sedangkan pada datalogger Qstarz, tercatat 195 kpj. Top speed itu diraih saat putaran mesin mencapai 17.000 rpm.

Baca juga: [VIDEO] ] Jajal Kawasaki Ninja ZX-25R untuk Harian

Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing TeamMotosaigon.vn Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing Team

Perlu diingat, ZX-25R yang dipasarkan di Jepang memiliki tenaga yang lebih rendah dibandingkan yang ada di Indonesia. Tenaganya hanya 44,3 tk, sementara di Indonesia mencapai 49,3 tk.

Mesinnya dibiarkan dalam kondisi standar, tapi ada beberapa modifikasi yang dilakukan. Knalpot racing dari Trick Star dengan tipe Ikazuchi disematkan. Knalpot tersebut menggunakan material titanium pada bagian silencer.

Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing TeamMotosaigon.vn Kawasaki Ninja ZX-25R Trick Star Racing Team

Selain itu, ECU mengandalkan Rapid Bike Racing Trick Star, lubang intake diganti Ram Air & Tunnel Trick Star, lubang udara juga dari Trick Star. Lalu, saringan udara dari MWR tipe R, saringan oli dari K&P, gir dari ISA, dan rantai dari DID.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.