Jangan Bingung, Begini Cara Mudah Merawat Pelek Mobil

Kompas.com - 08/12/2020, 10:12 WIB
Cuci pelek mobil gridoto.comCuci pelek mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek mobil merupakan salah satu komponen penting untuk menambah nilai estetika pada kendaraan. Tidak sedikit pemilik mobil yang mengganti dengan pelek aftermarket untuk menambah nilai estetika.

Merawat pelek mobil ternyata mudah untuk dilakukan. Aldhy Rais, Community Manager HSR Wheel mengatakan, biasanya kotoran pada pelek berasal dari debu rem yang tidak sulit dibersihkan.

Baca juga: Cara Mendeteksi Kerusakan pada Pelek Mobil

“Untuk membersihkan pelek yang kotor tidak perlu pakai cairan khusus, sama saja ketika mencuci mobil biasa,” ujar Aldhy saat ditemui Kompas.com di bilangan Jakarta Barat, Senin (7/12/2020).

macam-macam pelek mobilKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda macam-macam pelek mobil

Kebanyakan pelek yang ada saat ini memiliki finishing dengan lapisan cat. Sedangkan kalau untuk finisihing chrome, memang sudah tidak begitu banyak di pasaran.

Perawatan pelek chrome bisa dengan memakai cairan khusus pembersih chrome. Sementara untuk finishing lapisan cat, cara merawatnya cukup dengan air, malah disarankan untuk tidak memakai cairan khusus atau bahan-bahan lainnya.

Baca juga: Suzuki Burgman Elektrik Tertangkap Kamera Sedang Uji Jalan

Ada juga cairan pembersih, tapi itu hanya untuk membersihkan kotoran menempel yang sulit dibersihkan dengan air. Seperti cairan khusus yang diperuntukkan untuk membersihkan gemuk yang nempel dengan kotoran, tapi itu hanya untuk membersihkan bukan untuk mencuci pelek.     

“Kalau untuk membersihkan kotoran pada pelek itu tidak perlu macam-macam, cukup dengan air saja,” kata Aldhy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X