Jorge Lorenzo Ingin Disebut Juara Dunia Selamanya

Kompas.com - 07/12/2020, 11:42 WIB
Mantan pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo, dengan Lamborghini Aventador Svj 63 Roadster. tuttomotoriweb.comMantan pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo, dengan Lamborghini Aventador Svj 63 Roadster.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo sudah memutuskan untuk pensiun sejak akhir musim 2019. Sempat menjadi test rider Yamaha, tapi mulai 2021, dirinya tidak mendapat porsi apapun.

Selama karirnya di dunia balap, Lorenzo sudah meraih beberapa kali gelar juara dunia. Di kelas 250 cc pada 2006 dan 2007, sedangkan di kelas MotoGP pada 2010, 2012, dan 2015.

Baca juga: Makin Panas, Lorenzo Sebut Crutchlow Lebih Sering Jatuh daripada Juara

Lorenzo mengatakan, ungkapan mantan juara untuk pebalap MotoGP adalah salah. Menurutnya, jika seseorang sudah menjadi juara, maka hal itu berlaku untuk selamanya.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

"Sebagai contoh, akan benar untuk mengatakan mantan atlet atau mantan menteri. Tapi, mantan juara dunia tidaklah benar," ujar Lorenzo, dikutip dari Speedweek.com.

Lorenzo menjelaskan, gelar juara dunia MotoGP merupakan gelar yang tidak akan pernah berhenti dimiliki. Sama saja seperti seseorang yang mendapatkan Nobel Prize atau piala Oscar.

Baca juga: Lorenzo Masih Mangkel dengan Yamaha

"Jika dia meraihnya 20 tahun lalu, bukan berarti disebut mantan pemenang Oscar atau nobel Prize. Begitu pula dengan juara dunia," kata Lorenzo.

Namun, Lorenzo membuat pengecualian pada olahraga tinju, di mana gelar juara dunia tidak terhubung dengan musim, tapi harus dipertahankan terus.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X