Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Sebut Generasi Muda Pebalap MotoGP Sangat Kompetitif

Kompas.com - 05/12/2020, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir ini, mulai banyak pebalap Moto2 yang naik ke kelas MotoGP. Bahkan, banyak di antaranya yang tampil sangat kompetitif.

MotoGP 2020 menjadi buktinya, di mana terdapat sembilan pebalap berbeda yang berhasil meraih kemenangan di 14 seri yang dilombakan. Lima pebalap di antaranya bahkan meraih kemenangan pertamanya di kelas MotoGP.

Baca juga: Pengalaman Pertama Joan Mir dengan Suzuki GSX-RR, Kagum dengan Rem

Sebut saja Fabio Quartararo, Brad Binder, Miguel Oliveira, Franco Morbidelli, dan Joan Mir. Mir bahkan sanggup menjadi juara dunia MotoGP pada musim kedua di kelas utama.

Pemenang MotoGP Ceko 2020, Brad Binder, dari tim Red Bull KTM Factory.AFP/JOE KLAMAR Pemenang MotoGP Ceko 2020, Brad Binder, dari tim Red Bull KTM Factory.

Melihat fenomena ini, pebalap MotoGP paling senior Valentino Rossi mengatakan, hampir semua pebalap yang datang dari Moto2 pada beberapa tahun belakangan ini sangatlah kompetitif.

"Daftarnya panjang, mereka secara tiba-tiba bisa tampil cepat dengan motor MotoGP. Sepertinya, Moto2 adalah sekolah yang luar biasa," ujar Rossi, dikutip dari Speedweek.com.

Baca juga: Rookie of The Year MotoGP 2020, Brad Binder Kalahkan Alex Marquez

Rossi menambahkan, sesuatu yang berubah adalah sekarang semuanya menargetkan MotoGP sejak awal, secepat mungkin. Beberapa tahun lalu, menurut Rossi, beberapa pebalap cenderung lama berkompetisi di kelas yang lebih rendah sebelum akhirnya naik ke MotoGP.

"Tapi seperti itulah adanya, MotoGP layaknya Formula 1 di roda dua, kelas yang paling penting. Normal saja jika pebalap muda ingin ke sana," kata Rossi.

Pebalap Italia dari Italtrans Racing Team, Enea Bastianini berlaga di Moto 2 Czech Grand Prix di sirkuit Masaryk di Brno pada 9 Agustus 2020.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Italia dari Italtrans Racing Team, Enea Bastianini berlaga di Moto 2 Czech Grand Prix di sirkuit Masaryk di Brno pada 9 Agustus 2020.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan tadi, mulai musim depan MotoGP juga akan kedatangan pebalap muda yang diyakini akan sangat kompetitif. Kedua pebalap tersebut adalah Enea Bastianini dan Luca Marini.

Luca MariniFoto Twitter/Luca Marini Luca Marini

Bastianini merupakan juara dunia Moto2 2020 dan Marini yang merupakan adik Rossi adalah runner up. Keduanya akan berada dalam tim yang sama, di tim satelit Ducati.

"Mereka akan mendapat motor yang sangat bagus, Ducati, dan tim yang sangat bagus juga. Menurut saya, mereka akan bisa kompetitif lebih awal di 2021," ujar Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com