Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Crash di MotoGP 2020, Ini Tiga Pebalap Paling Sering Kecelakaan

Kompas.com - 30/11/2020, 15:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati hanya diselenggarakan sebanyak 14 seri balap imbas pandemi virus corona alias Covid-19, ajang MotoGP 2020 tak lepas dari drama crash atau kecelakaan. Bahkan, jumlahnya meningkat 1,2 persen dari tahun lalu.

Berdasarkan pernyataan resmi MotoGP, diketahui musim ini seri balap yang sukses terlaksana berkurang 5 ronde. Tetapi, hal tersebut tak lantas membuat persaingan tidak 'panas'.

Ini dibuktikan dari banyaknya pebalap andal yang turun aspal karena berbagai hal, mulai tersenggol pebalap lain, kesalahan teknis, sampai insiden serupa lainnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Rasa Kantuk Menghinggapi Saat Mengendarai Motor

Johann Zarco di MotoGP Valencia, Minggu (17/11/2019)KOMPAS.com/Ruly Johann Zarco di MotoGP Valencia, Minggu (17/11/2019)

Posisi pertama daftar pebalap MotoGP yang paling banyak mengalami kecelakaan di tahun ini masih dipegang oleh Johann Zarco (Avintia Ducati) dengan total crash 15 kali baik pada sesi latihan, kualifikasi, serta race day.

Sebagai pembanding, tahun lalu tercatat ia terjatuh dari motor sebanyak 16 kali dari 19 seri balap. Hanya saja daya rusak yang ditimbulkan oleh Zarco musim 2020 lebih tinggi karena hampir mencelakai para pebalap Monster Energy Yamaha.

Kemudian berada di bawahnya ada pebalap rookie Alex Marquez dari Repsol Honda yang keluar area balap sebanyak 14 kali bersama RC213V-nya.

Baca juga: Ingat Ada Bahaya Mengangkat Kaki Saat Melewati Genangan

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, terjatuh saat mengalami crash pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 5 Juni 2010.AFP/STR Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, terjatuh saat mengalami crash pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 5 Juni 2010.

Posisi ketiga lalu ditempati Aleix Espargaro (Aprilia) dengan jumlah jatuh sebanyak 12 kali dalam satu musim.

Sementara pada posisi terbalik atau pebalap yang jarang jatuh ditempati Danillo Petrucci (2 kali jatuh), Andrea Dovizioso (0 kali jatuh), dan Maverick Vinales (0 kali jatuh).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com