Ada Bahaya Berdekatan dengan Truk meski Sedang Berhenti

Kompas.com - 03/12/2020, 10:02 WIB
Blind spot truk detikotoBlind spot truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini tersebar video pengendara motor yang sedang berhenti tepat di belakang truk trailer. Sayangnya truk trailer yang berhenti tersebut malah mundur dan mengenai pengendara motor dan masuk ke kolong trailer.

Tentu saja hal ini sangat mengerikan, namun kita harus bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini. Misalnya berada di dekat kendaraan besar seperti truk atau bahkan trailer bukanlah tempat yang aman untuk berhenti.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kejadian pengendara motor yang tertabrak truk mundur memang kerap terjadi, terutama di daerah yang banyak truk trailer.

Baca juga: PO ANS Rilis Lagi Bus dengan Sasis Baru plus Spion Elektrik

Blind spot truk posisi setir kiri.youtube/Transport For NSW Blind spot truk posisi setir kiri.

“Kalau berhenti, usahakan jangan tepat di belakangnya. Khawatir truknya tiba-tiba mundur karena sopirnya tidak melihat ada motor di belakangnya,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Perlu diingat, kendaraan besar seperti truk memiliki area blind spot atau titik buta yang cukup luas. Sehingga visibilitas pengemudi sangat terbatas untuk melihat area sekitar kendaraannya.

Selain itu, jika motor berada terlalu mepet dengan truk di depannya, pengendara motor tidak ada ruang untuk menghindar jika truk tersebut mundur. Jadi perlu diingat jangan coba-coba diam di belakang truk yang berhenti.

Baca juga: Kenali Perbedaan SPBU Pertamina dengan Kode 31 dan 34 di Depan

“Lebih baik cari posisi yang aman, dapat terlihat oleh mata pengemudi truk dari kaca spion. Kalau truknya berhenti, masih lebih aman berada di samping daripada di belakang,” kata Agus.

Sebagai pengendara motor, harus memikirkan segala kemungkinan terburuk jika ada di jalanan. Misalnya saat dekat dengan truk, selalu pikirkan bagaimana jika truk mundur atau melakukan manuver tiba-tiba.

Dengan memikirkan segala kemungkinan terburuk, setidaknya pengendara motor bisa mengantisipasi jika hal yang dibayangkan benar terjadi. Sehingga pengendara motor tidak kaget dan tahu bagaimana harus bertindak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X