Resmi, Pameran Otomotif Jakarta Auto Week Molor Lagi

Kompas.com - 03/12/2020, 07:22 WIB
Suasana GIIAS 2019 KOMPAS.com/RulySuasana GIIAS 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), yang semula dijadwalkan bakal dihelat pada 9-17 Januari 2021 resmi ditunda kembali.

Pameran pengganti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 ini, kembali diundur menjadi 6-14 Maret 2021. Hal ini pun menjadi kedua kalinya Gaikindo menunda acara dengan alasan yang sama, yakni kondisi pandemi Covid-19 yang belum reda.

Dalam keterangannya, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, keputusan penundaan tak hanya melihat kondisi kesehatan dan keselamatan masyarakat yang sepenuhnya belum kondusif, namun juga merupakan arahan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Baca juga: Gaikindo Sebut 7 Merek Siap Produksi Kendaraan Elektrifikasi

"Gaikindo menyambut positif semangat Kemenperin memberikan awal yang baik pada 2021 untuk industri otomotif, dengan juga menjamin keselamatan dan keamanan masyarakat. Selaras dengan itu, Gaikindo juga akan terus memberikan upaya masimal untuk mewujudkan penyelenggaraan GJAW tahun depan," kata Nangoi dalam keterangan resminya, Rabu (2/12/2020).

Pengunjung memperhatikan interior mobil Mitsubishi Xpander ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, City Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17ANTARA FOTO/Saptono Pengunjung memperhatikan interior mobil Mitsubishi Xpander ketika berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD, City Tangerang, Kamis (10/8/2017). Pameran otomotif tersebut diikuti 32 Agen Pemegang Merek (APM), 10 merek motor dan lebih dari 130 exhibitor non APM. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17

Nangoi menjelaskan bahwa kepastian penyelenggaraan GJAW ditentukan oleh kondisi pandemi Covid-19 serta kesehatan dan keamanan masyarakat. Adanya keputusan penudaan kembali juga diklaim tak menyurutkan semangat industri otomotif Tanah Air.

Seperti diketahui, GJAW sendiri awalnya dijadwalkan bakal dihelat pada 21-29 November 2020 di Jakarta Convention Center (JCC), namun ditunda akibat kondisi pandemi Covid-19 yang belum kondusif menjadi 9-17 Januari 2021, dan molor lagi menjadi Maret 2021.

Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo menjelaskan, kondisi kesehatan saat ini sudah menuju perbaikan. Diharapkan pada Maret 2021 kondisinya akan sepenuhnya sudah terjamin, sehingga tak ada kendala dalam menyelenggarakan GJAW.

"Menjadi keinginan kami tetap agar GJAW menjadi pameran Gaikindo pertama pada 2021, berjalan aman dan lancar, sehingga dapat memberikan hasil maksimal dalam mendorong penjualan dan pada akhirnya memberikan kontribusi untuk industri otomotif Indonesia," ucap Rizwan.

Baca juga: Pameran Otomotif Jakarta Auto Week 2020 Batal Terselenggara

Booth Honda cukup megah di GIIAS 2016.HPM Booth Honda cukup megah di GIIAS 2016.

Menurut Rizwan, meski ditunda namun GJAW akan tetap berlangsung dengan protokol pengamanan Covid-19 yang dipersiapkan secara matang bersama berbagai instansi pemerintah, berbagai kegiatan juga akan dijalankan secara digital untuk mengurangi interaksi langsung.

"Tiket masuk GJAW hanya dapat dibeli secara online pada aplikasi khusus. Gaikindo juga akan mendorong para peserta mematuhi protokol kesehatan, salah satunya adalah dengan menyediakan materi promosi digital untuk para pengunjung," ucap Rizwan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X