318.000 Kendaraan di Yogyakarta Menikmati Pemutihan Pajak

Kompas.com - 03/12/2020, 08:12 WIB
Para wajib pajak memadati kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak kendaraanbermotor (PKB), Jumat (14/12/2018). Penghapusan denda untuk pajak kendaraan yang tertunggak akan berakhir besok. KOMPAS.com/Ryana AryaditaPara wajib pajak memadati kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak kendaraanbermotor (PKB), Jumat (14/12/2018). Penghapusan denda untuk pajak kendaraan yang tertunggak akan berakhir besok.
Penulis Ari Purnomo
|

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY) antusias memanfaatkan kebijakan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor ( PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB).

Terbukti, sejak adanya pemutihan pada April 2020 tercatat sudah ada lebih dari 300 ribu pemilik kendaraan yang memanfaatkan kesempatan ini.

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat relaksasi pajak kendaraan masih berlangsung hingga akhir 2020 ini.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Kepala Bidang Anggaran Pendapatan, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Gamal Suwantoro mengatakan, pembebasan denda PKB dan BBNKB ini sudah diperpanjang hingga tiga periode.

 

sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor

“Awal pemutihan pada April, kemudian diperpanjang lagi dan ini sudah ketiga kalinya dan akan berakhir pada 31 Desember 2020,” kata Gamal kepada Kompas.com, Rabu (2/12/2020).

Gamal menambahkan, pemberian insentif pajak kendaraan ini mengacu pada Pergub nomor 82 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Pergub DIY nomor 26 tahun 2020 tentang Penghapusan Sanksi Administratif PKB dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

“Respons masyarakat cukup bagus, tercatat sampai dengan November sudah ada 328.501 pemilik kendaraan yang memanfaatkannya,” ujar Gamal.

Baca juga: Blokir STNK Segera Berlaku, Pelajari Regulasinya

Jumlah tersebut dengan rincian pemilik kendaraan yang melakukan pembayaran pajak kendaraan sebanyak 318.856.

Sedangkan, pemilik kendaraan yang memanfaatkan pembebasan denda BBNKB sebanyak 9.645.

Sementara, total pendapatan yang masuk dari pembebasan denda pajak ini mencapai lebih dari Rp 50 miliar.

Suasana Samsat Jakarta Barat saat hari pertama setelah penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor pada Senin (17/12/2018).Dok. Samsat Jakarta Barat Suasana Samsat Jakarta Barat saat hari pertama setelah penghapusan sanksi administrasi pajak kendaraan bermotor pada Senin (17/12/2018).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X