PO ANS Rilis Lagi Bus dengan Sasis Baru plus Spion Elektrik

Kompas.com - 02/12/2020, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada hari Selasa (1/12/2020) Perusahaan Otobus (PO) Anas Nasional Sejahtera (ANS) kembali merilis bus baru kreasi karoseri Morodadi Prima di Malang, Jawa Timur.

Bus yang dirilis kali ini menggunakan bodi yang sama seperti sebelumnya, yaitu New Patriot. Uniknya, bus dengan bodi New Patriot ini menggunakan spion yang bisa dilipat ke bagian dalam secara otomatis, layaknya mobil kecil.

Marketing karoseri Morodadi Prima Donny Cahyadi mengatakan, perbedaan utama dengan bus yang meluncur sebelumnya pada Mei, adalah sasis yang digunakan.

Baca juga: 10 Orang Tewas di Tol Cipali, Ingat Bahaya Berkendara di Belakang Truk

Bus AKAP PO ANSMorodadi Prima Bus AKAP PO ANS

“Yang baru rilis ini memakai sasis Mercedes Benz OH 1626, sedangkan yang sebelumnya memakai OH 1526,” ucap Donny kepada Kompas.com, Selasa (1/12/2020).

Perbedaan dari kedua sasis ini yaitu ada di jenis sasis yang digunakan. Jika OH 1526 masih menggunakan ladder frame, sedangkan OH 1626 memakai modular, sehingga ada space frame untuk membuat bagasinya tembus.

Kemudian untuk suspensi yang digunakan juga berbeda. Sasis OH 1526 masih menggunakan per daun, sedangkan OH 1626 yang kali ini dirilis sudah memakai suspensi udara atau air suspension.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan Prototipe Bus Bio Smart Milik PO Sumber Alam

Kabin bus AKAP PO ANSMorodadi Prima Kabin bus AKAP PO ANS

“Fasilitasnya di bus terbaru PO ANS ini memakai AC Denso, Audio Video lengkap, dua TV LED, toilet dan 32 seat dengan leg rest dengan susunan 2-2. Setiap kursinya juga ada colokan charger USB,” kata Donny.

Selain itu, ada juga smoking area di kabin depan atau area pengemudi dan kru. Jadi ada sekat antara kabin pengemudi dan penumpang. Kursi yang digunakan juga spesial buatan Hai Rimba Kencana dengan kombinasi bahan fabric dan kulit.

Sekat kabin bus AKAP PO ANSMorodadi Prima Sekat kabin bus AKAP PO ANS

“Selain itu sudah dipasang GPS dan CCTV sebanyak delapan unit di bus ini. Hari ini baru rilis satu unit dari delapan yang dibuat” ucapnya.

Untuk sisi eksterior, tidak jauh berbeda dari rilisan sebelumnya. Warnanya didominasi warna biru dan biru muda. Model dari New Patriot ini juga unik, bagian headlamp terpisah dengan lampu sein, sehingga membuat efek seperti alis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.