Hubungan Laptop Terhadap Keberhasilan Tim MotoGP

Kompas.com - 30/11/2020, 12:02 WIB
Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologi DucatiTim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di ajang balap MotoGP, semua hal berperan penting, termasuk laptop. Apalagi, di zaman modern sekarang ini, di mana banyak komponen sudah menggunakan elektronik dan terkomputerisasi.

Gabriele Conti, Head of Electronic Systems Department, Ducati, mengatakan, laptop adalah peralatan pertama yang akan dijumpai oleh motor saat kembali ke paddock. Ducati sendiri menjalin kerja sama dengan Lenovo di bidang teknologi.

Baca juga: Ducati Ucapkan Terima Kasih kepada Dovizioso

"Di tim balap, ada parameter yang sangat terbatas dari segi peralatan. Alat tersebut harus awet, harus tahan terhadap debu, dan lainnya," ujar Gabriele, kepada Kompas.com, saat Media Roundtable Ducati dan Lenovo, belum lama ini.

Ducati Headquarters, Borgo Panigale, Bologna.Ducati Ducati Headquarters, Borgo Panigale, Bologna.

Gabriele menambahkan, para teknisi bekerja dalam lingkungan yang beragam, seperti saat hujan, dan lainnya. Dengan begitu, teknologi yang ada pada laptop tidak boleh sampai mengganggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Gabriele, laptop berperan sangat penting pada ajang balap MotoGP. Dengan adanya pebalap muda, Ducati berbagi data yang dikumpulkan dari ECU (Electronic Control Unit).

Baca juga: Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox untuk Motor Jalanan

"Data hasil elaborasi dan analisa, karena mereka harus memahami di mana mereka unggul. Tapi, yang paling penting memahami di mana mereka kekurangan sesuatu. Untuk itu, penting sekali untuk bisa melakukan analisa secara cepat. Penting untuk bisa memiliki kemampuan perhitungan yang kuat," kata Gabriele.

Satu motor MotoGP dilengkapi sensor tak kurang dari 50 sensor. Semua sensor tersebut mampu menghasilkan data lebih dari 20 GB.

Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologiTino_Martino Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologi

Gabriele mengatakan, ada banyak aspek yang dibutuhkan dari suatu laptop. Pihaknya membutuhkan laptop yang memiliki tenaga besar.

"Selain itu, harus tahan air juga, karena teknisi data perlu ada di grid sebelum start meskipun kondisi hujan. Laptop juga harus ringan agar mudah dibawa ke mana-mana," ujar Gabriele.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X