Rangsang Ekspor Otomotif, Akses Pelabuhan Patimban Diperbaiki

Kompas.com - 30/11/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi Jalan Akses Pelabuhan Patimban. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR.Ilustrasi Jalan Akses Pelabuhan Patimban.

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, ditargetkan selesai dan dapat digunakan pada kuartal IV/2020. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi beroperasinya pelabuhan baru ini akan berdampak pada aktivitas ekspor Indonesia.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan, kehadiran pelabuhan baru ini dapat memberikan beberapa manfaat.

Mulai dari biaya pengiriman yang lebih murah, akses lebih cepat, hinggga jarak tempuh yang lebih pendek.

Baca juga: Desain Nissan Serena C27 yang Lebih Sporty dan Praktis

Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Pelabuhan Patimban, Minggu ( 9/8/2020).Dokumentasi Kemenhub Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Pelabuhan Patimban, Minggu ( 9/8/2020).

“Selain itu, Pelabuhan Patimban juga akan mengurangi traffic existing di Pelabuhan Tanjung Priok yang mengakomodasi 50 persen kontainer internasional,” ujar Budi, dalam webinar (27/11/2020).

Menurut Budi, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan Gaikindo, potensi ekspor melalui Pelabuhan Patimban ke Amerika Latin, Amerika Utara, hingga Afrika dapat meningkat.

“Gaikindo memproyeksikan potensi ekspor kendaraan pada 2025 akan mencapai 1 juta unit, untuk tipe CBU yang akan menggunakan Pelabuhan Patimban dalam pengirimannya,” ucapnya.

Baca juga: Orang Indonesia Lebih Pilih Hybrid Ketimbang Mobil Listrik

Jalan Akses Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 kilometer siap dilintasi dan melayani arus logistik pada Oktober 2020.Kementerian PUPR Jalan Akses Pelabuhan Patimban sepanjang 8,2 kilometer siap dilintasi dan melayani arus logistik pada Oktober 2020.

Di samping itu, Kemenhub bersama dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR juga tengah bekerja sama untuk menyelesaikan hambatan akses jalur darat menuju Patimban.

Seperti diketahui, belum lama ini Kemenhub melakukan pantauan dari Dawuan ke Patimban, untuk mengidektifikasi hambatan samping di jalur tersebut.

“Kami rencananya akan membuka akses dari arah Barat melalui Tol Dawuan dan Jalur Pantura untuk masuk ke Pelabuhan,” kata Budi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X