Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liburan Akhir Tahun Merangsang Penjualan Mobil Bekas

Kompas.com - 27/11/2020, 07:12 WIB
Ari Purnomo,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana Pemerintah Indonesia menggulirkan liburan akhir tahun jelang Natal dan Tahun Baru (24 Desember-3 Januari 2022), punya pengaruh pada pasar mobil bekas

Latar belakag ini, membuat peminat mobil bekas terus meningkat jelang akhir tahun hingga awal 2022.

Salah satu penyebabnya karena banyak masyarakat yang sudah merencanakan liburan atau mudik bersama anggota keluarga di momen akhir tahun.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satu pilihan yang paling aman saat melakukan perjalanan adalah menggunakan kendaraan pribadi.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Jazz, Avanza, sampai City

Hal itulah yang kemudian membuat banyak masyarakat berbondong-bondong membeli mobil setengah pakai.

Ilustrasi mudik dengan MPVSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik dengan MPV

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, biasanya peningkatan penjualan mobil bekas akan mengalami peningkatan di akhir tahun.

“Peningkatan penjualan mobil bekas di akhir tahun biasanya meningkat antara 15 persen hingga 20 persen, karena banyak yang membeli untuk keperluan liburan atau mudik,” kata Fischer kepada Kompas.com, Kamis (26/11/2020).

Fischer menambahkan, hanya saja untuk kondisi tahun ini dan di tengah pandemi Covid-19 dirinya belum bisa memperkirakan berapa besar peningkatan penjualan yang akan terjadi.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Ada Xenia, Avanza, dan BMW

“Kalau di tahun-tahun sebelumnya peningkatannya segitu, tapi kalau tahun ini kan berbeda. Saya juga tidak terlalu berharap seperti tahun sebelumnya,” ucapnya.

Peningkatan penjualan mobil setengah pakai, kata Fischer, sudah dirasakan sejak November ini. Atau setelah adanya kepastian mengenai pembatalan relaksasi pajak nol persen untuk mobil baru.

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

“Konsumen yang sebelumnya memilih wait and see sekarang sudah membeli, karena kemarin sudah menunggu tetapi tidak jadi akhirnya beli sekarang,” katanya.

Kondisi yang sama juga dikatakan Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih.

Herjanto mengatakan, penjualan mobil bekas akan terus mengalami peningkatan sampai pergantian tahun mendatang.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

“Jangankan Desember, sekarang (November) saja sudah mulai naik penjualannya dan akan terus naik lagi sampai akhir tahun,” kata Herjanto.

Bahwa di WTC sendiri, Herjanto mengatakan, penjualan mobil seken sudah meningkat lebih kurang 100 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

“Di bulan ini penjualan mobil bekas di WTC sudah hampir 2.000 unit, padahal sebelumnya sekitar 1.000 atau di bawahnya,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com