Honda CR-V Rebut Takhta Medium SUV Terlaris pada Oktober 2020 dari Almaz

Kompas.com - 25/11/2020, 12:41 WIB
Honda CR-V facelift meluncur di Thailand www.honda.co.thHonda CR-V facelift meluncur di Thailand

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CR-V berhasil kembali merebut posisi puncak medium sport utility vehicle (SUV) terlaris di dalam negeri pada Oktober 2020 usai beberapa kali mengalami perlambatan penjualan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), capaian tersebut ditorehkan usai CR-V mengalami lonjakkan penjualan secara wholesales sebesar 648 persen dari bulan sebelumnya.

Pada September 2020, CR-V hanya berhasil mencapai penjualan 88 unit sedangkan satu bulan setelahnya volume tersebut naik jadi 659 unit.

Baca juga: Toyota Avanza Terlaris Sepanjang Oktober 2020, Diikuti Xpander

Honda CR-V Facelift meluncur di ThailandSattaphan Kantha Honda CR-V Facelift meluncur di Thailand

Sementara pesaing terkuatnya yang kerap memimpin pasar medium SUV beberapa waktu belakangan, Wuling Almaz, mengalami penurunan 14 persen dari bulan sebelumnya dari 221 unit menjadi 190 unit.

Kini, mobil dari merek asal China yang menjalani debut perdana pada 2018 itu berada di posisi kedua. Tepat berada di bawahnya ada Toyota Corolla Cross dengan angka penjualan 203 unit dan Mazda CX-5 dengan 24 unit.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penurunan performa juga terjadi pada pabrikan China lainnya, yaitu Sokonindo lewat produk DFSK Glory i-Auto dari 41 unit kini menjadi 11 unit. Sebagai gantinya, penjualan DFSK Glory 580 naik sebanyak 3 unit dari 1 unit di September 2020 jadi 4 unit pada Oktober 2020.

Adapun Nissan X-Trail kembali tidak ada distribusi dari pabrik ke diler selama periode ini alias nol, sama dengan bulan sebelumnya.

Baca juga: Hatchback Terlaris Oktober 2020, Hyundai Ioniq BEV Mulai Terjual

Wuling Almaz dilengkapi dengan fitur Wuling Indonesian Command (WIND). Wuling Motors Wuling Almaz dilengkapi dengan fitur Wuling Indonesian Command (WIND).

Seperti diketahui, pada awal 2000-an CR-V dan X-Trail sering terlibat dalam persaingan SUV terlaris di segmen medium SUV. Bahkan, X-Trail sempat beberapa kali jadi yang paling laris.

Berikut penjualan medium SUV dari data wholesales Gaikindo per Oktober 2020:

Honda CR-V 659 unit
Wuling Almaz 190 unit
Toyota Corolla Cross 203 unit
Mazda CX-5 24 unit
DFSK Glory i-Auto 11 unit
Toyota C-HR 10 unit
Mitsubishi Eclipse Cross 9 unit
Peugeot 3008 5 unit
DFSK Glory 580 4 unit



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X