Suara Mesin Moge yang Berisik Picu Keributan, Kenapa?

Kompas.com - 20/11/2020, 15:21 WIB
Honda CBR1000RR SP IstimewaHonda CBR1000RR SP

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara motor CBR1000RR SP dengan pengemudi Daihatsu Ayla di Purwokerto. Pengemudi Ayla menabrakkan mobilnya ke motor CBR sampai pengendaranya mengalami luka-luka.

Menurut keterangan korban melalui Instagam pibadinya, pria bernama Dimas tersebut mengatakan kalau kejadian ini bermula saat pengemudi Ayla tidak terima karena merasa digeber oleh motor korban.

Dari sini muncul pertanyaan, apakah motor gede ( moge) dengan kubikasi mesin yang besar memang membuat motor mengeluarkan suara yang berisik atau keras?

Baca juga: Pelat Nomor Mobilnya Dipalsukan, Anggota DPRD Sragen Ketiban Sial

Knalpot racing Nassert Beet untuk Kawasaki Ninja ZX-25RNassert Beet Knalpot racing Nassert Beet untuk Kawasaki Ninja ZX-25R

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, memang benar adanya kalau semakin besar kubikasi mesinnya, maka suara yang dihasilkan juga lebih keras.

“Motor dengan mesin yang besar, otomatis akan menghasilkan suara yang besar pula. Karena ledakan-ledakan di ruang bakar yang dihasilkan itu besar, tenaganya juga gede,” ucap Endro kepada Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

Jadi moge yang keluar dari pabrikan itu suaranya harus diredam dengan knalpot agar masuk dalam regulasi kerasnya suara. Caranya yaitu dengan ada sekat-sekat yang ada di dalam knalpot standar.

Baca juga: Mengenal Posisi Kandang Macan di Bus AKAP

“Kalau pemilik ganti knalpotnya, suaranya jadi semakin besar dikarenakan peredaman di knalpot standar yang dikurangi. Bahkan malah ada yang di los, cuma pipa saja jadi,” kata Endro.

Endro juga mengatakan, jumlah silinder memengaruhi kerasnya suara yang dikeluarkan mesin. Misalnya jika cuma satu silinder, hanya ada satu dentuman. Jika silindernya lebih banyak, maka suara dentumannya semakin rapat sehingga lebih keras dan kencang suaranya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X