Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Dua Jenis Truk, Rigid Truck dan Tractor Head

Kompas.com - 13/11/2020, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTruk merupakan kendaraan niaga yang berfungsi sebagai angkutan barang. Biasanya truk bisa kita lihat mulai di jalan protokol sampai ke jalan-jalan sempit di pedesaan.

Truk sendiri ada banyak macamnya, mulai dari engkel, tronton, trintin, dan trinton. Secara bentuk, truk bisa terbagi jadi dua, rigid truck dan tractor head.

Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Thomas A. Wijanarka akan menjelaskan apa perbedaan dari rigid truck dan tractor head.

Baca juga: Carry Minibus dan Blind Van Lahir Kembali, Harga Tembus Rp 200 Juta

Jenis trukPT Isuzu Astra Motor Indonesia Jenis truk

Rigid truck itu berarti karoseri atau baknya ada di atas sasisnya. Sedangkan tractor head, baknya tidak ada di sasisnya, tapi dia menarik trailer,” ucap Thomas dalam Webinar Basic Truck Bersama Isuzu, Jumat (13/11/2020).

Rigid truck modelnya seperti dump truck atau truk sampah, bagian bak ada di atas sasis. Begitu juga dengan truk yang ada bo di belakangnya. Sedangkan tractor head adalah kepala truk yang menarik trailer.

Trailer sendiri terbagi jadi dua, ada yang full trailer dan semi trailer. Full trailer, dia bisa berdiri sendiri karena bannya ada di depan dan belakang. Sedangkan semi trailer bannya hanya ada di belakang,” kata Thomas.

Baca juga: Kemenperin Buka Suara Tentang Rencana Tesla Buat Pabrik di Indonesia

Thomas mengatakan, semi trailer biasanya ditarik oleh tractor head. Bentuknya rata atau biasanya disebut dengan trailer flatbed, yang gunanya untuk mengangkut kargo yang berukuran besar.

Sedangkan full trailer ditarik oleh rigid truck. Bentuk dari full trailer ini mirip dengan bak yang ada di atas sasis truk. Biasanya kita temui model truk gandeng, nah bagian belakang itu yang disebut dengan full trailer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com