Fiat Chrysler dan PSA Merger, Lahirkan Merek Stellantis

Kompas.com - 13/11/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi logo Stellantis Automotive NewsIlustrasi logo Stellantis
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Fiat Chrysler Automobile (FCA) dan PSA meluncurkan logo Stellantis, perusahaan baru yang lahir dari mergernya dua produsen otomotif tersebut. Peluncuran logo menjadi tahapan selanjutnya dari bersatunya kedua perusahaan.

Dilansir dari laman Automotive News, FCA dan PSA telah bersepakat untuk bergabung pada Desember 2020.

Lewat kedua perusahaan, tergabung nilai saham sebesar 38 miliar dollar AS. Angka ini sekaligus menjadikan Stellantis menjadi merek mobil terbesar keempat di dunia.

Baca juga: Mengenal Ragam Pelat Nomor Dewa di Indonesia

Fiat Chrysler Automobiles buah dari merger Fiat dan Chrysler.www.freep.com Fiat Chrysler Automobiles buah dari merger Fiat dan Chrysler.

Stellantis menjadi induk perusahaan sejumlah merek mobil Amerika Serikat, Italia, dan Perancis, seperti Abarth, Alfa Romeo, Chrysler, Citroen, Dodge, DS, Fiat, Jeep, Lancia, Maserati, Opel, Peugeot, Ram, dan Vauxhall.

“Logo itu menyimbolkan kekayaan sejarah perusahaan pendiri Stellantis dan kekuatan kombinasi dari portfolio grup yang terdiri dari 14 merek otomotif,” tulis pernyataan resmi kedua perusahaan (9/11/2020).

“Dan juga sebagai keanekaragaman latar belakang profesional karyawan yang bekerja di semua area,” lanjut pernyataan resmi tersebut.

Baca juga: Carry Minibus dan Blind Van Lahir Kembali, Harga Tembus Rp 200 Juta

Ilustrasi PSA Groupinsider.com Ilustrasi PSA Group

Untuk diketahui, nama Stellanstis sebelumnya telah digaungkan pada Juli 2020. Kata ini diambil dari bahasa latin ‘stello’, yang bermakna ‘bersinar bersama bintang’.

Nama dan logo masing-masing merek mobil yang berada di bawah naungan Stellantis disebut tidak akan berubah setelah kesepakatan selesai.

FCA dan PSA berharap merger kedua perusahaan bisa selesai paling tidak pada kuartal pertama tahun 2021.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X