Mengapa Pengguna Jalan Kerap Mudah Tersulut Emosi?

Kompas.com - 12/11/2020, 11:02 WIB
Adu emosi antara pengemudi Toyota Fortuner melawan Suzuki Vitara Instagram EPPB ChannelAdu emosi antara pengemudi Toyota Fortuner melawan Suzuki Vitara

JAKARTA, KOMPAS.com – Sering terlihat kejadian di mana pengguna jalan yang tidak bisa menjaga emosi, berujung pada perkelahian, baik di dunia nyata maupun media sosial.

Misalnya ada yang tidak terima diklakson lalu menghalang-halangi jalan, bahkan ada yang sampai merusak kendaraan orang lain.

Masalah emosi yang mudah tersulut ini biasa dikenal dengan istilah road rage. Lalu apa yang sebenarnya bisa menjadi penyebab peristiwa road rage ini?

Training Director The Real Driving Centre, Marcell Kurniawan mengatakan, orang yang mudah tersulut emosi, biasanya tidak menyiapkan mental yang positif saat sebelum mulai berkendara.

Baca juga: Kulik Spesifikasi All New Honda Scoopy

Ilustrasi mengemudiSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengemudi

“Jadi sebelum memasuki kabin kendaraan, pastikan untuk menghilangkan emosi negatif atau yang berlebihan. Mengemudilah dengan emosi yang stabil,” kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Dengan perasaan yang positif sebelum mengemudi, kita jadi tidak gampang tersulut emosinya jika ada yang membuat jengkel di jalan. Marcell mengingatkan, sebesar 33 persen road rage bisa berujung pada kecelakaan.

Baca juga: Bocoran Honda HR-V Terbaru, Bersiap Diluncurkan?

“Untuk menciptakan pikiran yang positif sebelum berkendara, harus membangun kesadaran pribadi bahwa tidak ada gunanya kemarahan di jalan raya. Lebih baik mengalah karena akan membuat kita selamat,” ucap Marcell.

Selain itu, harus diingat untuk tidak pernah menyepelekan aktivitas mengemudi. Marcell mengatakan kalau mengemudi merupakan pekerjaan full time yang memerlukan konsentrasi fisik dan mental yang terus menerus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X