Bukan Cuma Rush-Terios, Kia Sonet Juga Incar Konsumen Jazz dan Yaris

Kompas.com - 12/11/2020, 09:02 WIB
Kia Sonet KOMPAS.COM/STANLY RAVELKia Sonet
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Kia Sonet di Indonesia, rupanya tak sekadar akan menggangu pasar low sport utility vehicle (LSUV) saja, namun juga segmen hatchback.

Seperti diketahui, sejatinya Sonet akan berkompetisi dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang sama-sama berbasis compact SUV lima penumpang. Tapi hingga saat ini keduanya tak juga meluncur di Tanah Air.

Menurut Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) Ario Soerjo, dengan posisi harga Sonet antara Rp 193 hingga Rp 289 juta, otomatis bisa mengambil pasar hatchback juga.

Baca juga: Kupas Lengkap Spesifikasi Kia Sonet di Indonesia

"Ada dua sisi, yang kanan itu kan bisa ke LSUV atau model-model yang mengusun tema Cross. Lalu sebelah kirinya, bisa juga mengambil segmen itu (hatchback), seperti Jazz dan Yaris," ucap Ario saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Kia Sonet Resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kia Sonet Resmi meluncur di Indonesia

Menurut Ario, untuk ke hatchback, Sonet akan menyasar ke konsumen yang ingin naik kelas. Dalam kata lain, Sonet bisa menjadi salah satu SUV alternatif dengan fitur lengkap dan harga yang kompetitif.

Apalagi dari segi target konsumen sendiri juga sama dengan hatchback, yakni orang-orang yang masih memiliki jiwa muda.

"Target konsumen Sonet itu bukan anak muda saja, tapi yang berjiwa muda. Sebutannya di Kia itu young at heart," kat Ario.

Baca juga: Perbandingan Harga Kia Sonet dengan Kompetitor di Segmen Low SUV

Hal tersebut memang cukup memungkinkan, apalagi bila melihat dari komposisi harga sebesar Rp 289 juta untuk Kia Sonet varian teratas, yakni 1.5 iVT Premiere, masih lebih murah dibandingkan Yaris dan Jazz.

Kia Sonet Resmi meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Kia Sonet Resmi meluncur di Indonesia

Seperti diketahui, Toyota Yaris TRD CVT 7 airbag dipasarkan sebesar Rp 301,4 juta, sementara Honda Jazz RS dijual Rp 292,5 juta.

Dengan segala kelebihan fitur canggih dan harga yang lebih murah, Kia Sonet memang memiliki peluang menggerus kedua hatchback tersebut. Bahkan tak menutup kemungkinan bakal memakan konsumen kia Rio varian tertinggi yang banderolnya saat ini sebesar Rp 291,9 juta.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X