Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Cuma Rush-Terios, Kia Sonet Juga Incar Konsumen Jazz dan Yaris

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran Kia Sonet di Indonesia, rupanya tak sekadar akan menggangu pasar low sport utility vehicle (LSUV) saja, namun juga segmen hatchback.

Seperti diketahui, sejatinya Sonet akan berkompetisi dengan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize yang sama-sama berbasis compact SUV lima penumpang. Tapi hingga saat ini keduanya tak juga meluncur di Tanah Air.

Menurut Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA) Ario Soerjo, dengan posisi harga Sonet antara Rp 193 hingga Rp 289 juta, otomatis bisa mengambil pasar hatchback juga.

"Ada dua sisi, yang kanan itu kan bisa ke LSUV atau model-model yang mengusun tema Cross. Lalu sebelah kirinya, bisa juga mengambil segmen itu (hatchback), seperti Jazz dan Yaris," ucap Ario saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/11/2020).

Menurut Ario, untuk ke hatchback, Sonet akan menyasar ke konsumen yang ingin naik kelas. Dalam kata lain, Sonet bisa menjadi salah satu SUV alternatif dengan fitur lengkap dan harga yang kompetitif.

Apalagi dari segi target konsumen sendiri juga sama dengan hatchback, yakni orang-orang yang masih memiliki jiwa muda.

"Target konsumen Sonet itu bukan anak muda saja, tapi yang berjiwa muda. Sebutannya di Kia itu young at heart," kat Ario.

Hal tersebut memang cukup memungkinkan, apalagi bila melihat dari komposisi harga sebesar Rp 289 juta untuk Kia Sonet varian teratas, yakni 1.5 iVT Premiere, masih lebih murah dibandingkan Yaris dan Jazz.

Seperti diketahui, Toyota Yaris TRD CVT 7 airbag dipasarkan sebesar Rp 301,4 juta, sementara Honda Jazz RS dijual Rp 292,5 juta.

Dengan segala kelebihan fitur canggih dan harga yang lebih murah, Kia Sonet memang memiliki peluang menggerus kedua hatchback tersebut. Bahkan tak menutup kemungkinan bakal memakan konsumen kia Rio varian tertinggi yang banderolnya saat ini sebesar Rp 291,9 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/12/090200515/bukan-cuma-rush-terios-kia-sonet-juga-incar-konsumen-jazz-dan-yaris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke