Jajal Keiritan dan Performa Yamaha All New Aerox 155 di Sirkuit

Kompas.com - 11/11/2020, 10:12 WIB
Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS IstimewaTest ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan sesi tes. Uniknya, sesi tes ini diisi juga dengan kompetisi menarik.

Pengetesan dimulai dari Yamaha Flasgship Store di Cempaka Putih menuju Sirkuit Sentul Karting, Bogor, dengan jarak tempuh sekitar 50 km. Namun, selama perjalanan ke sana, Yamaha menggelar Eco Riding Competition.

Baca juga: [VIDEO] Melirik Yamaha All New Aerox 155 Non ABS yang Lebih Murah

Lomba tersebut mengumpulkan eco point sebanyak-banyaknya yang terdapat pada fitur Rank di aplikasi Y-Connect.

Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSIstimewa Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Jadi, dalam perjalanan ke Sentul, test rider Kompas.com tidak fokus pada performa. Fokusnya justru menjaga kecepatan konstan dan menjaga putaran mesin tetap di 4.000-4.500 rpm.

Dalam perjalanan juga melewati kemacetan dan menemui beberapa titik di mana motor harus stop and go. Hasilnya, konsumsi bahan bakar All New Aerox 155 Connected ABS cukup irit.

Saat sampai di Sirkuit Sentul Karting, pada panel meter menunjukkan konsumsi rata-rata bahan bakar 49 kilometer per liter. Hasil tiap pengendara bisa berbeda-beda, tergantung dari bobot pengendara dan gaya berkendaranya.

Baca juga: Harga Mirip, Pilih All New Aerox 155 Connected ABS atau Nmax Standar?

Setelah menyelesaikan Eco Riding Competition, awak media yang diundang kembali ditantang untuk melakukan Time Trial Challenge di lintasan sirkuit yang memiliki panjang 1.200 m dengan 14 tikungan dan disertai kemiringan (chamber) yang tinggi.

Tiap peserta diberi kesempatan 5 lap untuk mendapatkan total waktu tercepat. Untuk bisa mendapatkannya, sebelum dimulai, pebalap muda Yamaha Racing Indonesia (YRI) turut memberikan coaching clinic tentang tata cara menaklukkan lintasan sirkuit.

Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSIstimewa Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

Saat mencoba skutik 150 cc terbaru Yamaha ini di sirkuit, dapat dirasakan handling dan performanya. Meski dimensinya terlihat cukup besar, tapi All New Aerox 155 Connected ABS ternyata sangat lincah untuk diajak bermanuver saat harus menikung ke kiri dan ke kanan.

Selain itu, suspensinya juga cukup membantu menjaga handling motor ini. Dengan permukaan sirkuit yang tidak semua bagiannya rata, All New Aerox 155 terasa cukup nyaman saat melaju kencang.

Untuk performanya, akselerasi skutik ini juga responsif. Performanya saat keluar tikungan juga terasa maksimal. Saat di trek lurus, skutik gambor ini tak butuh waktu lama untuk tembus 80 kilometer per jam.

Baca juga: Alasan Fitur Yamaha All New Aerox 155 Tak Selengkap All New Nmax 155

Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABSIstimewa Test ride Yamaha All New Aerox 155 Connected ABS

All New Aerox 155 Connected ABS dibekali dengan mesin SOHC, 4-langkah, VVA, berpendingin cairan, dan berkapasitas 155 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum hingga 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Tak salah jika Yamaha mengklaim All New Aerox 155 Connected ABS sebagai skutik dengan power-to-weight ratio (PWR) terbaik di kelasnya. Tenaganya 11,3 kW dan bobotnya 122 kg. Berarti, PWR mencapai 0,093 kW/kg. Semakin tinggi nilai PWR, maka motor akan semakin responsif.

All New Aerox 155 Connected ABS dibanderol Rp 29.000.000 (OTR Jakarta), sedangkan All New Aerox 155 Connected harganya Rp 25.500.000 (OTR Jakarta).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X