Hati-hati Salah Injak Pedal Mobil Transmisi Matik Bisa Berujung Petaka

Kompas.com - 11/11/2020, 07:12 WIB
Bahaya salah injak pedal rem dan gas pada mobil bertransmisi matik @jktinfoBahaya salah injak pedal rem dan gas pada mobil bertransmisi matik

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan mobil bertransmisi matik memang praktis. Sebab, memudahkan pengendaranya dengan hanya tinggal menginjak pedal rem dan gas. Namun, ternyata kemudahan tersebut bisa berujung celaka.

Tak sedikit yang akhirnya menyepelekan kemudahan yang ditawarkan mobil matik. Akhirnya, banyak pengemudi pemula yang ceroboh, khususnya saat akan parkir.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Begini Cara Gunakan Engine Brake pada Mobil Matik

Seperti yang terjadi belum lama ini, kecelakaan mobil menabrak sebuah kafe. Diunggah oleh akun Instagram @jktinfo, diduga pengemudi mobil hendak memarkirkan kendaraan, namun salah transmisi atau salah menginjak pedal gas dan rem.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Senin (9/11) kecelakaan mobil menabrak kafe @kembalikekala terjadi pada sore hari tadi. Diduga pengemudi mobil hendak memarkirkan kendaraan namun salah transmisi / menginjak pedal gas dan rem. Dari laporan pengunjung disana, tidak ada korban dalam peristiwa ini. - via @dptrich @aquirabllnd @nadyaameliap_ #jktinfo

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on Nov 9, 2020 at 5:24am PST

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, hal seperti ini banyak terjadi karena pengemudi gagal operasional, khususnya pada pengemudi pemula.

"Pengemudi pemula belum paham dan terampil dalam melakukan SOP yang benar, ini sepele tapi bahaya. Salah injak gas yang harusnya rem tidak boleh terjadi," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Benarkah Mobil Matik Lebih Rawan Alami Rem Blong?

Menurut Sony, sebaiknya pengemudi pemula tidak serta merta turun ke jalan raya sebelum yang bersangkutan memang sudah layak. Sebab, bisa jadi petaka suatu saat menghilangkan nyawa orang lain.

"Standar mengemudi itu bukan bisa, tapi harus paham dan mampu," kata Sony.

Sony menambahkan, yang harus dilakukan oleh seorang pengemudi pemula adalah mempelajari A sampai Z operasional yang aman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.