Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Salah Injak Pedal Mobil Transmisi Matik Bisa Berujung Petaka

Kompas.com - 11/11/2020, 07:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan mobil bertransmisi matik memang praktis. Sebab, memudahkan pengendaranya dengan hanya tinggal menginjak pedal rem dan gas. Namun, ternyata kemudahan tersebut bisa berujung celaka.

Tak sedikit yang akhirnya menyepelekan kemudahan yang ditawarkan mobil matik. Akhirnya, banyak pengemudi pemula yang ceroboh, khususnya saat akan parkir.

Baca juga: Cegah Vapor Lock, Begini Cara Gunakan Engine Brake pada Mobil Matik

Seperti yang terjadi belum lama ini, kecelakaan mobil menabrak sebuah kafe. Diunggah oleh akun Instagram @jktinfo, diduga pengemudi mobil hendak memarkirkan kendaraan, namun salah transmisi atau salah menginjak pedal gas dan rem.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, hal seperti ini banyak terjadi karena pengemudi gagal operasional, khususnya pada pengemudi pemula.

"Pengemudi pemula belum paham dan terampil dalam melakukan SOP yang benar, ini sepele tapi bahaya. Salah injak gas yang harusnya rem tidak boleh terjadi," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (10/11/2020).

Baca juga: Benarkah Mobil Matik Lebih Rawan Alami Rem Blong?

Menurut Sony, sebaiknya pengemudi pemula tidak serta merta turun ke jalan raya sebelum yang bersangkutan memang sudah layak. Sebab, bisa jadi petaka suatu saat menghilangkan nyawa orang lain.

"Standar mengemudi itu bukan bisa, tapi harus paham dan mampu," kata Sony.

Sony menambahkan, yang harus dilakukan oleh seorang pengemudi pemula adalah mempelajari A sampai Z operasional yang aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com