Tips Memilih Karpet Mobil yang Benar dan Aman

Kompas.com - 11/11/2020, 09:12 WIB
Karpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan Dok. Otomotif GroupKarpet Mobil berbahan dasar karet cocok dipakai pada musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap mobil umumnya dilengkapi dengan karpet mobil. Banyak juga pengusaha aftermarket yang menawarkan karpet mobil.

Fungsi dari karpet mobil untuk menjaga kebersihan ruang kabin, khususnya ruang kaki. Namun, salah pasang karpet mobil berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele Membersihkan Karpet Mobil di Rumah

Tak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan dari salah pasang karpet. Salah satu penyebab yang paling sering terjadi adalah pedal gas menyangkut.

Beberapa produk karpet mobil dapat mengganjal di bawah pedal gas dan membuat putaran mesin tidak terkontrol. Ada juga karpet yang justru kerap berpindah letaknya karena tidak merekat baik di dasar kabin.

“Masalah ini terjadi di beberapa produk karpet aftermarket yang hanya menyediakan ukuran umum untuk seluruh mobil. Itu sebabnya disarankan untuk melakukan pengukuran sendiri alias custom sesuai dengan bentuk kabin dan ukuran agar lebih presisi,” ucap Direktur PT Vivalta Grcacias, distributor karpet mobil Trapo, Stacey Tampi, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Karpet Mobil Aftermarket

Selain itu, disarankan juga ketika membeli karpet untuk memeriksa dulu apakah ada pengaitnya atau tidak. Sehingga, karpet mobil tersebut tidak bergeser dan berpotensi menyangkut pada pedal gas.

Tipe kaitan pada karpet ada dua tipe, yakni hook dan dial. Sebelum beraktivitas menggunakan mobil, pastikan karpet sudah dalam kondisi terkunci, sehingga lebih aman.

Jika ingin menambahkan karpet mobil aftermarketi, pastikan bahwa ukuran dan desainnya sesuai dengan ruang pada lantai mobil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X