Musim Hujan, Jangan Malah Akrobat Naik Motor Sambil Pakai Payung

Kompas.com - 09/11/2020, 11:02 WIB
Naik motor pakai payung Humor PoinNaik motor pakai payung

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan kembali melanda beberapa daerah di Indonesia. Pengendara motor sebaiknya siapkan jas hujan agar tetap bisa beraktivitas walaupun diterpa air.

Namun, kadang masih terlihat beberapa pengendara motor yang memilih melakukan aksi akrobat,  memakai payung sambil berkendara. Alasannya entah karena jarak yang dekat, maupun kecepatannya yang rendah, tetap saja memakai payung saat mengendarai motor bisa berbahaya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana (Main Dealer Motor Honda) Agus Sani mengatakan, berkendara sambil memakai payung, baik dipegang sendiri atau oleh penumpang sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

Baca juga: Catat, Ini 11 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

Review aksesori payung motorOtomania/Setyo Adi Review aksesori payung motor

“Karena bisa saja tiba-tiba terkena angin kencang lalu pengendara motor jadi kehilangan keseimbangannya dan terjatuh,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Agus mengatakan, saat jalan kaki dan menggunakan payung, kadang bisa terkena angin dan jadi tertahan, padahal kecepatannya rendah. Apalagi jika menggunakan payung saat berkendara motor yang perlu keseimbangan.

Baca juga: Kenali Ciri-ciri Freon AC Mobil yang Mulai Habis

“Manggunakan payung saat berkendara berbahaya dan jangan dilakukan. Karena ketika terjadi kecelakaan, akan merugikan diri sendiri dan mungkin orang lain. Lebih aman tunggu hujan reda daripada memaksa pakai payung,” kata Agus.

Selain itu, adanya pengendara motor yang nyeleneh dikarenakan sikapnya yang ingin cari gampangnya saja, tanpa memikirkan keselamatan. Kemudian mereka juga tidak pernah mendapatkan pelajaran tentang berkendara aman sejak dini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.