Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Trump, Joe Biden Ternyata Pencinta Otomotif

Kompas.com - 09/11/2020, 07:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengantongi 290 suara elektoral, Joseph Robinette Biden Jr alias Joe Biden dipastikan menggantikan Donald Trump sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS).

Sisi lain dari Biden sebagai seorang polisi ternyata juga cukup erat dengan dunia otomotif, baik di roda empat maupun roda dua. Bahkan, dikabarkan Biden sangat suka menggunakan Harley-Davidson dan beberapa moge Jepang lainnya.

Untuk mobil, Biden sudah lama mendukung General Motor (GM), bahkan mengutip dari Autoevolution, Biden memiliki koleksi Chevrolet Corvette Sting Ray lansiran 1967 yang masih suka dikendarainya saat belum menjadi wakil presiden Barack Obama.

Diketahui bahwa mobil dua pintu convertible tersebut merupakan pemberian dari ayahnya sebagai hadiah perkawinan. Walau saat itu dia sudah bisa mengendarai mobil, Biden mengakui secara kemampuan masih jauh dari ayahnya.

Baca juga: Viral Video Truk Hampir Celakai Pemotor, Bukti Kurangnya Kesadaran Risiko Kecelakaan

Walau jarang mendapat kesempatan untuk bisa membawa mobil sendiri, dengan jabatannya waktu itu, Biden makin mendapatkan akses kedekatan dengan GM. Bahkan, dia menjadi orang yang membocorkan rahasia GM untuk membuat Corvette listrik.

Presiden AS terpilih Joe Biden dengan Chevrolet CorvetteAutoevolution.com Presiden AS terpilih Joe Biden dengan Chevrolet Corvette

"Mereka (GM) memberi tahu saya, dan saya sangat menantikan jika benar untuk mengendarainya, GM akan membuat Corvette listrik yang dapat melaju 322 kpj. Kalian boleh berpikir aku bercanda, tapi aku tidak bercanda dan saya senang tentang itu," kata Biden.

Kecintaan Biden terhadap Corvette tak sampai di situ, mengutip dari Rideapart, pada 2014, Biden pernah mengakui alasannya tidak mencalonkan diri sebagai presiden di United Auto Workers.

Cukup sederhana, yakni karena Biden menginginkan Z06 yang merupakan regenerasi dari Sting Ray miliknya dalam wujud sportcar.

Presiden AS terpilih Joe Biden dengan Chevrolet CorvetteAutoevolution.com Presiden AS terpilih Joe Biden dengan Chevrolet Corvette

"Ada banyak alasan untuk mencalonkan diri sebagai presiden, tetapi ada satu alasan yang sangat besar untuk tidak mencalonkan diri sebagai presiden. Saya ingin mendapatkan Z06 dengan (kemampuan) 0-60 kpj dalam 3,4 detik," kata Biden.

Baca juga: Intip Ubahan Isuzu MU-X Terbaru, Harga Mulai Rp 500 Jutaan

Untuk moge Jepang, Biden dikabarkan sempat tertangkap kamera ketika sedang duduk di Suzuki Hayabusa yang dikabarkan milik seorang tukang cukur dalam acara penggalangan dana 2018 di Ohio, AS.

Joe Biden dengan Harley lawasnyawww.motorcycle.com Joe Biden dengan Harley lawasnya

Terakhir, pada 2020, Biden sempat melakukan kampanye di Museum Sepeda Motor Nasional, yang menjadi indikasi bahwa dia masih mencintai dunia roda dua.

Bahkan, dengan adanya kampanye di sana, diperkirakan bakal menjadi titik baru Biden berhubungan baik dengan Harley-Davidson dibandingkan Trump.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com