Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Musim Hujan, Jangan Malah Akrobat Naik Motor Sambil Pakai Payung

JAKARTA, KOMPAS.com – Musim hujan kembali melanda beberapa daerah di Indonesia. Pengendara motor sebaiknya siapkan jas hujan agar tetap bisa beraktivitas walaupun diterpa air.

Namun, kadang masih terlihat beberapa pengendara motor yang memilih melakukan aksi akrobat,  memakai payung sambil berkendara. Alasannya entah karena jarak yang dekat, maupun kecepatannya yang rendah, tetap saja memakai payung saat mengendarai motor bisa berbahaya.

Head of Safety Riding Promotion Wahana (Main Dealer Motor Honda) Agus Sani mengatakan, berkendara sambil memakai payung, baik dipegang sendiri atau oleh penumpang sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

“Karena bisa saja tiba-tiba terkena angin kencang lalu pengendara motor jadi kehilangan keseimbangannya dan terjatuh,” ucap Agus kepada Kompas.com, Minggu (8/11/2020).

Agus mengatakan, saat jalan kaki dan menggunakan payung, kadang bisa terkena angin dan jadi tertahan, padahal kecepatannya rendah. Apalagi jika menggunakan payung saat berkendara motor yang perlu keseimbangan.

“Manggunakan payung saat berkendara berbahaya dan jangan dilakukan. Karena ketika terjadi kecelakaan, akan merugikan diri sendiri dan mungkin orang lain. Lebih aman tunggu hujan reda daripada memaksa pakai payung,” kata Agus.

Selain itu, adanya pengendara motor yang nyeleneh dikarenakan sikapnya yang ingin cari gampangnya saja, tanpa memikirkan keselamatan. Kemudian mereka juga tidak pernah mendapatkan pelajaran tentang berkendara aman sejak dini.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/09/110200715/musim-hujan-jangan-malah-akrobat-naik-motor-sambil-pakai-payung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke