Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocor, Ini Sosok Harley-Davidson 338R Buatan China

Kompas.com - 28/08/2020, 16:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok Harley-Davidson 338R bocor di dunia maya. Motor hasil kerjasama dengan perusahaan China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle, itu pun terlihat sudah siap untuk dipasarkan.

Penampakan ini seolah menjadi jawaban teka-teki kelanjutan H-D 338R. Sebelumnya pabrikan sempat mengumumkan akan membuat motor kecil pada tahun lalu, tapi kemudian sempat tidak jelas.

Baca juga: Kemenperin Dorong Pengembangan Industri Baterai Mobil Listrik Lokal

Harley-Davidson produksi pabrikan Cina akan dipasarkan di Tanah Air melalui PT Benelli Motor Indonesia.Istimewa Harley-Davidson produksi pabrikan Cina akan dipasarkan di Tanah Air melalui PT Benelli Motor Indonesia.

Dari foto yang beredar, tampilan motor entry level H-D itu tampak tidak jauh berbeda dengan rendering yang juga beredar sebelumnya. Meski pada foto baru ini tidak semua bodi terlihat jelas.

Melihat struktur sasis, mesin dan swing arm mirip dengan Qianjiang QJ 350 yang juga basis dari Benelli 305S. Menguatkan bahwa keduanya memang bersaudara hanya beda batch dan tampilan.

Baca juga: Peranti Hiburan TV pada Bus yang Mulai Ditinggalkan

Benelli 305S calon Harley buatan China Foto: Bikewale Benelli 305S calon Harley buatan China

Meski tampilannya sedikit demi sedikit mulai bocor, belum ada konfirmasi kapan H-D 388R bakal resmi meluncur. Termasuk soal spesifikasi teknis yang masih berusaha ditutupi pabrikan.

Rumors yang berkembang H-D 388R akan mengusung mesin serupa Benelli 305S. Spesifikasinya 2-silinder segaris dengan bore x stroke yakni 69 mm x 45.2 mm dan mampu menghasilkan 43 tk.

Gandeng Pabrikan China

Lego Harley-Davidson Fat BoyLEGO Lego Harley-Davidson Fat Boy

Pabrikan motor besar asal Milwaukee, Amerika Serikat, Harley-Davidson, akan bekerja sama dengan pabrikan asal China, Zhejiang Qianjiang Motorcycle. Uniknya, kerja sama ini dikhususkan untuk memproduksi motor dengan kapasitas mesin di bawah 500 cc.

Tujuan Harley-Davidson menggandeng Zhejiang Qianjiang Motorcycle adalah karena China dan Asia diyakini sebagai pasar roda dua yang menjanjikan. Di China sendiri, penjualan sepeda motor sudah meningkat hingga 27 persen di tahun 2018. Sekitar 50 persen dikuasai merek-merek dari luar China.

Dikutip dari cnet.com, Harley-Davidson sekarang sedang terkendala masalah kenaikan pajak impor baja dan aluminium dari Eropa. Hal ini terjadi sebagai balasan Uni Eropa atas kenaikan pajak masuk komoditi Eropa akibat kebijakan yang dikeluarkan Presiden AS Donald Trump.

Harley-Davidson produksi pabrikan Cina akan dipasarkan di Tanah Air melalui PT Benelli Motor Indonesia.Istimewa Harley-Davidson produksi pabrikan Cina akan dipasarkan di Tanah Air melalui PT Benelli Motor Indonesia.

Maka itu, Harley-Davidson mulai melirik pasar Asia, termasuk mendirikan pabrik di Thailand. Langkah tersebut diambil agar biaya produksi dan harga unit tinggi bagi pasar Asia Eropa bisa ditekan.

Steven Kentjana, Direktur PT Benelli Motor Indonesia, mengatakan bahwa kerja sama kedua perusahaan tersebut akan menghasilkan motor dengan mesin berkapasitas 338 cc.

Harley-Davidson gandeng Zhejiang Qianjiang Motorcycle untuk produksi motor cc kecil.Istimewa Harley-Davidson gandeng Zhejiang Qianjiang Motorcycle untuk produksi motor cc kecil.

"Produksinya akan dilakukan di Wenling, Cina, dan akan dijual di seluruh dunia. Benelli yang termasuk ke dalam grup Qianjiang juga akan menjualkan motor tersebut di Indonesia
," ujar Steven, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dari gambar yang beredar, desain motor yang akan diproduksi lebih mengikuti desain dari Harley-Davidson tipe Sportster, tepatnya XR 1200.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com