Pabrik Dikunjungi Luhut, Bos Hyundai Berharap Jadi "Game Changer"

Kompas.com - 07/11/2020, 16:21 WIB
Menkomarves kunjugi pabrik Hyundai HMMIMenkomarves kunjugi pabrik Hyundai
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-Sung, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

HMMI sendiri terus melanjutkan proses pembangunan di tengan pandemi Covid-19. Hingga saat ini, proses pembangunannya diklaim sudah lebih dari 60 persen.

Dengan demikian, diharapkan pabrik tersebut akan siap beroperasi secara optimal pada akhir 2021.

Tak hanya itu, pembangunan pabrik Hyundai sendiri diklaim akan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan ekspor Indonesia dengan menjadi pemasok ke pasar-pasar utama di kawasan ASEAN lainnya.

Baca juga: Cas Baterai Hyundai Kona di Rumah Butuh 19 Jam

Luhut menjelaskan bila sangat mengapresiasi HMMI dalam mengupayakan operasional pabrik meski di tengah kondisi yang menantang.

"Pemerintah Indonesia saat ini menargetkan untuk mempercepat pertumbuhan industri EV dan berharap Hyundai dapat menjadi bagian dari misi penting ini," ujar Luhut.

Menkomarves kunjugi pabrik HyundaiHMMI Menkomarves kunjugi pabrik Hyundai

Selain itu, Luhut juta menyampaikan harapannya bila ada kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Korea untuk bersama-sama mengawal pengembangan pabrik tersebut hingga siap berproduksi, dan berharap Indonesia menjadi salah satu pasar EV utama di ASEAN.

"Dengan adanya produk yang dihasilkan HMMI akan diekspor ke Asia Tenggara dan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka panjang, Kedutaan Besar Korea Selatan akan mengambil peran sebagai jembatan perantara," ucap Park.

Baca juga: Hyundai Indonesia Pastikan Kona Electric di Tanah Air Bebas Recall

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi pabrik Hyundai di Bekasi, Jumat (6/11/2020).Dokumentasi Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kunjungi pabrik Hyundai di Bekasi, Jumat (6/11/2020).

Sementara itu, President of Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters YoungTack Lee, juga mengucapkan terima kasih dan berharap bisa memberikan kontribusi besar bagi Indonesia.

"Selanjutnya, kami berharap menjadi game-changer dan mendukung perekonomian Indonesia melalui Pabrik Hyundai Motor yang akan menjadi inovasi proyek kedua negara," kata YoungTack Lee.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X