Banyak yang Belum Tahu, Ini Istilah yang Sering Dipakai Dalam MotoGP

Kompas.com - 07/11/2020, 15:22 WIB
Jack Miller saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP) JEAN-FRANCOIS MONIERJack Miller saat berlaga di MotoGP Le Mans. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia balap banyak menggunakan istilah-istilah yang memiliki arti khusus. Termasuk juga di ajang balap tingkat dunia, seperti MotoGP.

Sering kali di dalam artikel MotoGP menggunakan istilah-istilah, seperti overtake, high side, chicane, dan lainnya. Penggunaan istilah ini bertujuan untuk memudahkan pengucapan untuk penulisan yang terkait dengan MotoGP.

Namun tidak sedikit juga banyak yang masih awam dan bikin bingung dengan istilah-istilah di dalam dunia balapan bergensi tersebut.

Baca juga: 10 Motor Bebek Bekas Harga di Bawah Rp 5 Juta

Ada cukup banyak sebenarnya istilah yang digunakan. Beberapa kata pun juga digunakan di ajang balap lainnya.

Berikut ini istilah-istilah yang banyak digunakan di MotoGP yang telah tim Kompas rangkum dari motogp.com, Sabtu (7/11/2020).

-Apex : Istilah untuk titik terujung dari sebuah tikungan, di mana pebalap biasanya sudah bersiap untuk kembali menarik tuas gas untuk berakselerasi secepat mungkin keluar dari tikungan.

Pebalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, memimpin balapan selama Grand Prix MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli pada 13 September 2020.AFP/ANDREAS SOLARO Pebalap Italia Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli, memimpin balapan selama Grand Prix MotoGP San Marino di Sirkuit Misano Marco Simoncelli pada 13 September 2020.

-Braking Marker/Braking Point : Titik pengereman, di mana pebalap biasanya mulai mengerem sebelum memasuki tikungan. Biasanya, pebalap menggunakan pohon, papan iklan, atau benda mencolok lainnya di sisi sirkuit untuk dijadikan patokan. Tiap pebalap biasanya memiliki acuan titik pengereman sendiri.

-Chicane : Bagian trek di mana terdapat dua atau lebih tikungan langsung dalam jarak dekat, misalnya, dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Kalau dilihat dari helicopter cam atau dari atas, tikungan ini akan berbentuk seperti huruf ’S’.

-Compounds : Kompon. Biasanya ditujukan untuk tipe ban atau bahan penyusun ban.

-Curbstones : Biasa juga disebut dengan Kerb, yakni batu bergerigi yang biasanya berada di tepi lintasan dan dicat dua atau tiga warna. Normalnya dua warna, yakni merah dan putih. Kerb berguna untuk membantu memandu pabalap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X