Salin Artikel

Daftar Kendaraan Listrik yang Dapat Fasilitas Bebas BBN-KB di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa pembebasan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) bagi pemilik kendaraan listrik. Kebijakan ini dimulai sejak awal 2020 dan berlaku sampai 2024.

Ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 3 tahun 2020 tentang Insentif Pajak BBN-KB atas Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Aturan tersebut juga sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden (Perpres) nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Untuk Transportasi Jalan, pasal 17 ayat (1) dan (2).

Bagi anda yang ingin mendapatkan fasilitas tersebut dan berniat membeli kendaraan listrik, berikut daftar kendaraan yang bebas BBN-KB.

- Tesla Model 3

Kendaraan listrik yang mendapatkan fasilitas bebas BBNKB adalah Tesla model 3. Kendaraan tipe ini merupakan satu dari beberapa tipe kendaraan listrik yang dibuat oleh perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat.

Tesla Model 3 merupakan mobil listrik termurah yang dimiliki Tesla. Model 3 yang hadir di Indonesia terdiri dari tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Masing-masing tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat.

- BMW i3s

BMW i3s juga masuk dalam daftar kendaraan listrik yang mendapatkan fasilitas bebas BBN-KB. Mobil listrik ini memiliki desain cukup dinamis dengan bagian bumper depan menampilkan surround berwarna hitam.

Gril khas BMW membuat mobil listrik ini tampil lebih besar dan menonjol. BMW i3s menggunakan suspensi sport sebagai standar yang bisa diturunkan hingga 10 mm untuk jarak terendah.

BMW i3s hadir dengan motor listrik bertenaga 184 tk dengan torsi 270 Nm. Dengan tenaga tersebut, BMW i3s ini dapat melesat dari diam hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 6,9 detik saja.

- Nissan Leaf

Jajaran kendaraan listrik berikutnya yang masuk daftar bebas BBN-KB yakni Nissan Leaf. Model ini sempat dipamerkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) beberapa waktu lalu.

Hanya saja sampai saat ini belum ada kepastian kapan mobil listrik dari Nissan ini resmi dipasarkan di Indonesia.

Presiden Direktur Nissan Indonesia Isao Sekiguchi beberapa waktu lalu mengatakan, jika ada perubahan rencana dan Leaf direncanakan baru akan masuk Tanah Air pada awal 2021 mendatang.

"Ada perubahan jadwal, namun kami masih berencana untuk membawa Leaf ke Indonesia. Segera di paruh pertama tahun depan," kata Sekiguchi beberapa waktu lalu.

- Honda PCX Electric

Selain mobil, sepeda motor listrik juga mendapatkan fasilitas bebas BBN-KB. Salah satu kendaraan roda dua yang mendapatkan fasilitas tersebut adalah Honda PCX Electric.

Meski statusnya belum resmi dijual untuk umum, tetapi perusahaan bisa menggunakan dengan sistem sewa.

- Viar Q1

Viar Q1 juga masuk dalam jajaran kendaraan yang bebas BBN-KB. Skuter listrik sudah mulai dijual di Indonesia, bahkan sejak beberapa tahun lalu.

- Gesits

Selain PCX dan Viar, Skuter listrik lain yang juga bebas BBN-KB adalah Gesits. Skuter ini sudah resmi dijual di Indonesia pada ajang IIMS 2019 dan diklaim sudah dipesan oleh belasan ribu konsumen.

Selain tiga motor listrik di atas, ada juga beberapa model lain yang bakal dijual dalam waktu dekat. Contoh, ECGO-2 sudah lulus uji tipe, serta Elvindo.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/06/091200715/daftar-kendaraan-listrik-yang-dapat-fasilitas-bebas-bbn-kb-di-jakarta

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.