Ubahan Radikal Honda RC213V yang Bikin Makin Kompetitif

Kompas.com - 05/11/2020, 18:21 WIB
Aksi pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada 19 September 2020. AFP/ANDREAS SOLAROAksi pebalap Repsol Honda, Alex Marquez, pada sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada 19 September 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa seri belakangan ini, performa Honda makin kompetitif. Tepatnya, sejak pabrikan asal Jepang tersebut menggelar sesi tes di Misano, Italia.

Berkat sesi tes tersebut, Honda RC213V makin bersaing di barisan depan. Terbukti dari Alex Marquez yang raih dua kali podium dan Takaaki Nakagami raih pole position.

Baca juga: Alex Marquez Mengaku Tim Satelit dan Pabrikan Sama Saja

Stefan Bradl, test rider Honda yang juga menggantikan Marc Marquez sementara, mengatakan, Honda melakukan ubahan yang radikal pada RC213V.

Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

"Kami membuat ubahan radikal pada geometri sasis di Aragon. Kami ingin memahami lebih baik ban belakang dan bagaimana menanganinya agar bisa bekerja, termasuk untuk satu lap cepat," ujar Bradl, dikutip dari Speedweek.com.

Bradl menambahkan, Nakagami adalah salah satu yang duluan melakukan ubahan radikal tersebut dan merasa ubahan tersebut bekerja lebih mudah pada sasis 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Alex Marquez Sebut Penyebab Dirinya Jatuh di MotoGP Teruel

"Beberapa pekan lalu sudah terlihat bahwa situasi di Honda semakin baik," kata Bradl.

Sedangkan dari sisi teknis, Bradl mengatakan, tidak ada ubahan yang dilakukan. Hanya pada geometri dan set-up lainnya agar ban belakang bekerja dengan baik.

Takaaki Nakagami saat berlaga di MotoGP Teruel. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Takaaki Nakagami saat berlaga di MotoGP Teruel. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

"Anda bisa eksperimen dengan panjang swingarm, mengubah balance, merotasi motor, ada juga kemungkinan pada pivot, ada banyak sekali kemungkinan," ujar Bradl.

Bradl sendiri penasaran bagaimana performa Honda di Valencia nanti. Menurutnya, Sirkuit Valencia akan lebih menguntungkan Yamaha.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.