Drama MotoGP, Yamaha Tersangkut Masalah, Pebalap Terancam Minus Poin

Kompas.com - 06/11/2020, 07:42 WIB
Valentino Rossi menepikan motornya setelah mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020 MotoGPValentino Rossi menepikan motornya setelah mengalami masalah teknis di GP Spanyol 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Drama terus berlanjut di kubu Yamaha dalam ajang MotoGP 2020. Setelah pebalap andalan Valentino Rossi positif Covid 19, kini pabrikan motor Jepang itu tersangkut masalah lain.

Di awal musim, Yamaha dilanda musibah dengan beberapa pebalapnya mengalami masalah teknis pada YZR-M1. Diduga kerusakan berasal dari per klep yang ada pada mesinnya.

Kerusakan ini dialami ketiga pebalap Yamaha, yakni Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli, saat balapan di Jerez.

Baca juga: Yamaha Tunjuk Garrett Gerloff Menggantikan Rossi di MotoGP Eropa

Hanya Fabio Quartararo yang tidak mengalami masalah tersebut. Pebalap asal Perancis ini selalu menggunakan tiga mesin sejak awal musim. Dua mesin pertama tidak lagi digunakan sejak MotoGP Jerez.

Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Andalusia di Sirkuit JerezYamahamotogp Maverick Vinales saat berlaga di MotoGP Andalusia di Sirkuit Jerez

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari Speedweek.com, Yamaha dikabarkan telah melanggar aturan dengan menggunakan klep yang ilegal saat MotoGP Jerez. Disebut ilegal karena klep tersebut belum didaftarkan untuk homologasi.

Menurut regulasi, tiap pabrikan di MotoGP yang bukan tim konsesi, harus menghomologasikan spesifikasi mesinnya sebelum musim balap dimulai.

Baca juga: Peluang Yamaha Turunkan Lorenzo Gantikan Rossi di MotoGP Eropa 2020

Jika Yamaha terbukti bersalah, tiap pebalap yang bersaing di MotoGP Jerez akan dikurangi poinnya. Artinya, Quartararo akan kehilangan 25 poin, Vinales kehilangan 20 poin, dan Morbidelli kehilangan 11 poin.

Jika ketiga pebalap tersebut dikurangi poinnya, maka kesempatan untuk meraih gelar juara dunia juga akan hilang.

Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).AFP/ANDREAS SOLARO Franco Morbidelli (kiri) bersaing dengan Valentino Rossi pada balapan MotoGP San Marino, di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Minggu (13/9/2020).

Salah satu anggota tim Yamaha sudah mengonfirmasi bahwa investigasi sedang dilakukan. Tidak ada pernyataan dari Yamaha terkait tuduhan ini. Tim satelit Petronas Yamaha pun menolak untuk berkomentar.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.