Kompas.com - 03/11/2020, 19:51 WIB
pasang kaca film Kompas.com/Fathanpasang kaca film

JAKARTA, KOMPAS.comKaca film yang menempel di kaca mobil memiliki fungsi untuk mengurangi panas yang masuk ke kabin. Sama seperti komponen lainnya, kaca film juga memiliki usia pakai, biasanya sekitar lima tahun.

Namun ada perilaku yang bisa membuat usia pakai kaca film semakin pendek. Pemilik 3M Authorized Dealer di Jakarta Barat dan Tangerang, Martin mengatakan ada tiga hal yang bisa memperpendek usia kaca film.

“Pertama jika sering tergores dari dalam mobil, misalnya seperti mainan anak kecil yang ditempel ke kaca film,” ucap Martin kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Baca juga: Diskon Mobil Murah November Ini, Honda Brio Tembus Rp 20 Juta

Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series3M Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series

Kemudian yaitu jika ada yang iseng, bagian ujung dari kaca film suka dikeletek sampai terbuka. Terakhir yaitu jika membersihkan kaca film dengan cairan tertentu yang tidak diketahui bahannya dan ternyata tidak cocok.

“Jika memakai cairan tersebut, bisa merusak kaca film, seperti lapisannya yang rontok jadi nanti tinggal plastik bening saja, atau warna jadi pudar bahkan menimbulkan efek pelangi,” kata Martin.

Martin mengatakan, sebenarnya untuk merawat kaca film sangat simpel, tidak perlu perlakuan khusus. Jika ingin dipersihkan, tidak perlu pakai cairan yang tidak jelas, cukup dengan air biasa yang disemprot lalu dilap.

Baca juga: Mobil PJR Dihajar Truk, Ini Bahayanya Berhenti di Bahu Jalan

“Lapnya juga harus pakai kain yang tepat. Jika kurang bagus kainnya, hasil lap enggak langsung kering dan bisa membuat kaca film berjamur. Kalau kasar kainnya, bisa menyebabkan kaca film baret,” kata dia.

Kain yang bisa digunakan untuk mengelap kaca film seperti microfiber, kanebo tapi harus dilap kering, tissue yang lembut juga bisa. Kemudian bisa juga dengan koran bekas, tapi harus yang masih bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.