Mobil Melintir di Jalan Tol, Ingat Bahaya Aquaplaning dan Cross Wind

Kompas.com - 03/11/2020, 19:41 WIB
Aquaplaning www.autobild.deAquaplaning

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru ini tersebar video mobil yang kehilangan kendali saat ingin menyalip kendaraan di depannya di jalan tol. Kondisi jalan tol saat itu becek karena masih hujan dan mobil nampaknya memiliki kecepatan yang tinggi.

Ketika ingin menyalip kendaraan di depannya, mobil mulai kehilangan cengkeraman ban belakang, sehingga melintir dan menabrak dinding tol. Melihat kejadian ini, mengingatkan kita untuk berhati-hati saat mengemudi di kondisi hujan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada kemungkinan pengemudi yang gagal mengantisipasi mobil saat mengalami aquaplaning makanya jadi selip.

Baca juga: Pilihan SUV Murah Bekas per November, Terios Mulai Rp 100 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Tipe Exceed Non VSC, tapi biarpun ada VSC kalo kena aquaplanning tetep melintir kan ya

A post shared by B Channel (@b_channel_indonesia) on Nov 2, 2020 at 3:44am PST

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

“Untuk menghindari selip, kecepatan dikurangi, karena mobil berpenggerak belakang rawan mengalami over steer,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Ketika hujan, lakukan manuver dengan halus supaya ban tetap mendapatkan grip dan menghindari lateral wind dari mobil di depannya. Sony mengatakan, menyusul mobil saat hujan, lateral dan crosswind nya besar.

“Jika lateral dan crosswind besar, lebih mudah membuat mobil hilang keseimbangan. Jadi jangan main nyusul saja, dua mobil di depan dan di samping itu menimbulkan efek angin berputar,” kata Sony.

Baca juga: Bakal Dikenakan Tarif, Lewat Tol Layang Japek Bisa Lebih Cepat Sampai?

Untuk menghindari lateral atau crosswind di jalan tol, bisa dengan menjaga jarak aman antar mobil, minimal tiga detik. Selain itu, ketika mobil akan selip, segera lakukan counter steer atau putar arah setir sebaliknya dari arah mobil.

“Kalau lari buritan lebih cepat dari reaksi counter steer, maka yang terjadi yaitu mobil melintir,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X