Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Melintir di Jalan Tol, Ingat Bahaya Aquaplaning dan Cross Wind

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru ini tersebar video mobil yang kehilangan kendali saat ingin menyalip kendaraan di depannya di jalan tol. Kondisi jalan tol saat itu becek karena masih hujan dan mobil nampaknya memiliki kecepatan yang tinggi.

Ketika ingin menyalip kendaraan di depannya, mobil mulai kehilangan cengkeraman ban belakang, sehingga melintir dan menabrak dinding tol. Melihat kejadian ini, mengingatkan kita untuk berhati-hati saat mengemudi di kondisi hujan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada kemungkinan pengemudi yang gagal mengantisipasi mobil saat mengalami aquaplaning makanya jadi selip.

“Untuk menghindari selip, kecepatan dikurangi, karena mobil berpenggerak belakang rawan mengalami over steer,” ucap Sony kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Ketika hujan, lakukan manuver dengan halus supaya ban tetap mendapatkan grip dan menghindari lateral wind dari mobil di depannya. Sony mengatakan, menyusul mobil saat hujan, lateral dan crosswind nya besar.

“Jika lateral dan crosswind besar, lebih mudah membuat mobil hilang keseimbangan. Jadi jangan main nyusul saja, dua mobil di depan dan di samping itu menimbulkan efek angin berputar,” kata Sony.

Untuk menghindari lateral atau crosswind di jalan tol, bisa dengan menjaga jarak aman antar mobil, minimal tiga detik. Selain itu, ketika mobil akan selip, segera lakukan counter steer atau putar arah setir sebaliknya dari arah mobil.

“Kalau lari buritan lebih cepat dari reaksi counter steer, maka yang terjadi yaitu mobil melintir,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/03/194100615/mobil-melintir-di-jalan-tol-ingat-bahaya-aquaplaning-dan-cross-wind

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke