Kompas.com - 02/11/2020, 20:21 WIB
Kenali gejala busi yang akan mati youtube.comKenali gejala busi yang akan mati

JAKARTA, KOMPAS.com - Busi sebagai komponen dari pengapian memang perlu perawatan khusus. Meski begitu, kompenen ini tetap memiliki usia pakai yang harus diperhatikan, karena bila terlambat menggantinya bisa merepotkan saat di jalan.

Untuk itu para pengguna sepeda motor misalnya, sudah wajib mengetahui ciri dari busi yang akan tutup usia alias mati.

Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM) Ade Rohman mengatakan, meski kerap dibersihkan tidak menjadi jaminan umur busi bisa bertahan lebih lama.

Baca juga: Simak, Perbedaan Aerox 155 Connected ABS dengan Aerox 155 VVA

“Saat busi akan mati biasanya ditandai oleh beberapa gejala, jadi pengguna motor sudah bisa mendeteksi tanpa harus membuka untuk melihat kondisinya. Mulai dari motor yang susah hidup ketika distarter, sering mogok, tenaga yang berkurang, sampai bahan bakar yang boros,” ujar Ade kepada Kompas.com.

Para siswa terlihat antusias memperbaiki motor pengendara yang mogok di Jalan Raya Morowudi, Rabu (8/1/2020).KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Para siswa terlihat antusias memperbaiki motor pengendara yang mogok di Jalan Raya Morowudi, Rabu (8/1/2020).

Bila sudah mengalami gejala ini, pemilik motor harus segera mengantisipasi dengan mengganti busi baru. Bila nekat dipertahankan minimal harus siaga membawa busi cadangan di motor.

Baca juga: Daftar Hatchback Bekas Tahun Muda, Yaris Lele Mulai Rp 140 Jutaan

“Gejala busi matik memang berbeda-beda, tapi paling banyak bisa dirasakan mulai dari motor yang sering mogok dan tenaga yang berkurang,” kata Ade.

Hal ini lantara komponen busi sudah mulai melemah untuk mengantarkan percikan api ke ruang bakar, akibatnya pengapian pun tidak akan berjalan sempurna dan menimbulkan pemborosan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X