PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku

Kompas.com - 27/10/2020, 12:22 WIB
Sosialisasi ganjil-genap di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara, Rabu (5/8/2020) Sudin Kominfotik Jakarta Utara Sosialisasi ganjil-genap di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara, Rabu (5/8/2020)
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) transisi hingga 8 November 2020.

Salah satu pertimbangannya adalah tidak adanya lonjakan kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Dengan adanya pelonggaran ini masyarakat bisa kembali beraktivitas di masa normal baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di masa PSBB transisi ini Ditlantas Polda Metro Jaya juga belum menerapkan kembali aturan ganjil genap ( Gage).

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Penghapusan Denda Pajak Kendaraan di 7 Provinsi

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, untuk aturan Gage masih ditiadakan di masa perpanjangan PSBB transisi ini.

Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA Kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***

“Sampai saat ini di masa PSBB transisi ini aturan Gage belum diterapkan lagi,” kata Fahri kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Dengan peniadaan ini, pemilik kendaraan khususnya roda empat masih bebas melaju di wilayah-wilayah yang sebelumnya diperketat dengan aturan tersebut. Untuk penerapan kembali aturan Gage, Fahri belum bisa memastikannya.

Meski begitu, masyarakat tetap diimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Fahri juga mengatakan, di masa PSBB transisi ini tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) masih tetap berlaku seperti biasa.

Baca juga: Bisakah SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

“Kalau tilang elektronik atau ETLE tetap berlaku dan sudah ada 57 kamera pengawas yang aktif mengawasi pengendara,” ujarnya.

Jumlah ini setelah adanya penambahan sebanyak 45 kamera pengawas baru yang dilakukan beberapa waktu lalu dan sudah dioperasionalkan secara serentak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X