Kupas Riding Gear Khusus Pebalap MotoGP untuk Wet Race

Kompas.com - 27/10/2020, 10:42 WIB
Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet race boxrepsol.comRiding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet race

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan dalam kondisi kering (dry race) dan basah (wet race) butuh penyesuaian. Bukan hanya penyesuaian dari segi teknis atau motor, tapi juga perlengkapan atau riding gear pebalap.

Saat hujan turun di lintasan, pebalap dan anggota tim harus bersiap menghadapi masalah yang kemungkinan besar akan terjadi saat balapan.

Baca juga: Mau Jadi Sponsor di MotoGP? Segini Tarifnya

Dikutip dari Boxrepsol.com, ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan, mulai dari helm, knee slider, kaca helm, sarung tangan, sepatu bot, dan baju balap.

1. Helm

Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet raceboxrepsol.com Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet race

Salah satu dampak negatif yang utama saat balapan di tengah hujan adalah tingkat kelembapan yang tinggi dapat meningkatkan kondensasi atau pengembunan. Kondisi tersebut dapat mengganggu visibilitas pebalap.

Helm yang digunakan saat wet race memiliki lebih banyak ruang untuk ventilasi . Namun, hal ini tidak mengurangi dampak dari masalah lain, yang utamanya disebabkan oleh faktor manusia yang tidak dapat dihindari, yaitu pernapasan. Maka itu, helm memiliki masker yang mengarahkan udara yang dihembuskan ke bawah, menjauhi kaca helm.

2. Kaca Helm

Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet raceboxrepsol.com Riding gear khusus pebalap MotoGP untuk wet race

Kaca helm juga tak hanya satu jenis saja yang disediakan. Ada beberapa tingkat kecerahan yang berbeda untuk kondisi kering dan basah. Kaca helm yang lebih gelap melawan cahaya yang intens dan layar yang lebih terang meningkatkan penglihatan dalam kondisi cahaya redup.

Kisaran layar helm yang tersedia untuk cuaca hujan cenderung lebih cerah. Perangkat ini juga memiliki layar internal, terpisah dari yang utama, yang menciptakan ruang udara untuk menjaga suhu yang seimbang di dalam helm dan mengurangi kondensasi. Penting juga untuk menjaga permukaan tetap bersih dan kering dengan menggunakan proses perawatan khusus untuk membuat kaca helm kedap air dan mengurangi dampak hujan.

3. Knee Slider

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X