Salin Artikel

PSBB Transisi Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 8 November 2020.

Salah satu pertimbangannya adalah tidak adanya lonjakan kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Dengan adanya pelonggaran ini masyarakat bisa kembali beraktivitas di masa normal baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di masa PSBB transisi ini Ditlantas Polda Metro Jaya juga belum menerapkan kembali aturan ganjil genap (Gage).

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, untuk aturan Gage masih ditiadakan di masa perpanjangan PSBB transisi ini.

“Sampai saat ini di masa PSBB transisi ini aturan Gage belum diterapkan lagi,” kata Fahri kepada Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Dengan peniadaan ini, pemilik kendaraan khususnya roda empat masih bebas melaju di wilayah-wilayah yang sebelumnya diperketat dengan aturan tersebut. Untuk penerapan kembali aturan Gage, Fahri belum bisa memastikannya.

Meski begitu, masyarakat tetap diimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku. Fahri juga mengatakan, di masa PSBB transisi ini tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) masih tetap berlaku seperti biasa.

“Kalau tilang elektronik atau ETLE tetap berlaku dan sudah ada 57 kamera pengawas yang aktif mengawasi pengendara,” ujarnya.

Jumlah ini setelah adanya penambahan sebanyak 45 kamera pengawas baru yang dilakukan beberapa waktu lalu dan sudah dioperasionalkan secara serentak.

Fahri juga mengatakan, setelah adanya tilang elektronik ini jumlah pelanggaran yang terjadi di wilayah DKI Jakarta juga mengalami penurunan yang cukup besar.

“Penurunan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah DKI Jakarta mencapai 44,2 persen, memang cukup besar,” katanya.

Sementara untuk tingkat kecelakaan masih fluktuatif, menurut Fahri, kecelakaan yang terjadi tidak hanya di lokasi yang ada kamera pengawas atau penerapan ETLE saja.

Tetapi justru banyak yang terjadi di wilayah lain yang mana tidak terpantau oleh kamera pengawas.

“Kalau angka kecelakaan masih naik turun, kalau kecelakaan tidak hanya di ruas ETLE saja, misalkan kecelakaan di Jakarta Utara, Jakarta Timur. Tapi kalau pelanggaran turun,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/27/122200115/psbb-transisi-diperpanjang-ganjil-genap-belum-berlaku

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.