Cegah Kepadatan, Jasa Marga Tutup Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 27/10/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi papan penunjuk arah ke rest area. Dok. Otomotif GroupIlustrasi papan penunjuk arah ke rest area.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai langkah mitigasi untuk mencegah kepadatan lalu lintas pada libur panjang Maulid Nabi, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT), bakal melakukan beberapa rekayasa lalu lintas.

Salah satunya dengan cara menutup beberapa tempat peristirahatan yang berada di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Penutupan sementara rest area yang dimaksud adalah pada Km 50A dan Km 52B.

Adapun jadwal penutupan rest area akan dilakukan mengikuti prediksi kepadatan volume lalu lintas sebelumnya, yakni ;

1. Rest area 50A : dimulai pada 27 Oktober 2020 pukul 16.00 WIW sampai 28 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Pengunjung Rest Area Akan Dibatasi pada Masa Libur Panjang

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Pengalihan tersebut sebagai upaya penyekatan gelombang pemudik jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

2. Rest area 52B : dimulai pada 1 November 2020 pukul 08.00 WIB sampai 2 November 2020 pukul 08.00 WIB.

"Namun di luar dari jadwal tersebut, petugas operasional akan melakukan buka-tutup secara situasional atau sesuai diskresi dari kepolisian," kata General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati, dalam keterangan resminya, Senin (26/10/2020).

Tak hanya itu, untuk memastikan informasi diterima dengan baik, Jasa Marga juga melakukan sosialisasi penutupan dengan variable message sign (VMS) di ruas tol Jakarta-Cikampek pada kedua arahnya.

Pembatasan

Sebelumnya, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Developement Group Head Jasa Marga, mengimbau masyarakat untuk menghidari perjalanan pada waktu puncak kepadatan terjadi.

Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Kendaraan pemudik memadati jalur tol Palikanci, Tegalkarang, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019). Pada puncak balik H+4 Lebaran 2019, jalur tol Palimanan-Kanci (Palikanci) mengalami peningkatan volume kendaraan pemudik menuju Jakarta.

Heru juga mengingatkan bila akan pembatasan kapasitas parkir pada rest area sebesar 50 persen. Langkah ini diambil untuk mencegah kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan physical distancing.

Baca juga: Besok, Volume Lalu Lintas Keluar Jakarta Diprediksi Naik 21,77 Persen

Jasa Marga akan menyiagakan petugas operasional dan pos pengamanan serta bekerja sama dengan kepolisian untuk melakukan rekayasa buka tutup pada rest area ketika terjadi antrean. Karena itu, Heru meningatkan agar masyarakat memiliki persiapan yang matang, terutama terkait perbakalan dan kondisi bahan bakar.

"Kami mohon komitmen pengguna jalan untuk dapat disiplin protokol kesehatan. Bawa bekal dari rumah dan pastikan BBM terisi penuh sebelum melakukan perjalanan," ucap Heru.

Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest areaJasa Marga Parkiran mobil terapkan physical distancing di rest area

"Jika harus mampir ke rest area untuk istirahat, kami imbau tetap menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak, serta usahakan untuk memilih take away makanan dibandingkan makan di tempat, membawa peralatan ibadah pribadi dan tak perlu berlama-lama di rest area," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X