Jalur Puncak Bakal Terlarang buat Kendaraan Jenis Ini Saat Libur Panjang

Kompas.com - 26/10/2020, 16:46 WIB
Kendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat KOMPAS.com/AFDHALUL IKHSANKendaraan pribadi memadati kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur akan melakukan beberapa rekayasa arus kendaraan di jalur Puncak.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi dalam menghadapi periode libur cuti bersama pada 28 Oktober-1 November 2020.

Pasalnya, kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Jawa Barat karena akses yang mudah, dekat dengan Ibu Kota, serta terjangkau.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Meilawaty mengungkapkan, contoh langkah rekayasa lalu lintas yang bakal diambil ialah melarang kendaraan besar, seperti truk dan bus, untuk melintas pada waktu tertentu.

Baca juga: Pengunjung Rest Area Akan Dibatasi pada Masa Libur Panjang

Kondisi jalur Puncak, Cianjur, Jawa Barat, yang mengalami kemacetan akibat peningkatan volume kendaraan pada momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Rabu (25/12/2019).KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Kondisi jalur Puncak, Cianjur, Jawa Barat, yang mengalami kemacetan akibat peningkatan volume kendaraan pada momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Rabu (25/12/2019).

"Kendaraan dimaksud akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Nanti ada petugas yang melakukan pengalihan mulai dari Pos TMC bila situasi di jalur Puncak padat. Namun, sifatnya situasional," kata dia, Senin (26/10/2020).

Mei memprediksi, puncak kepadatan arus kendaraan di kawasan Puncak akan terjadi pada Rabu-Kamis yang didominasi oleh pengunjung wisata.

Oleh karena itu, akan ada personel tambahan di titik yang dimaksud.

Sejumlah kendaraan mengular di Jalur Puncak Bogor dari arah Gunung Mas sampai Masjid AttaAwun, Bogor, Minggu (14/6/2020).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Sejumlah kendaraan mengular di Jalur Puncak Bogor dari arah Gunung Mas sampai Masjid AttaAwun, Bogor, Minggu (14/6/2020).

Selain itu, jajaran Polres Cianjur telah berkoordinasi dengan instansi terkait dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana, seperti longsor yang berpotensi di beberapa titik.

"Potensi bencana cukup tinggi, apalagi intensitas hujan cukup tinggi saat ini," ucap Mei.

Ia menambahkan, pengamanan di kawasan Puncak pada momen libur panjang nanti akan melibatkan personel Sabhara dan Brimob Polda Jabar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X